blank
Tahu yang kaya nutrisi. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tahu merupakan salah satu produk makanan berupa padatan lunak yang dibuat melalui proses pengolahan kedelai atau Glycine sp. dengan cara mendapatkan pengendapan proteinnya, dengan atau tidak ditambah bahan lain yang diizinkan.

Tahu termasuk dalam makanan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna. Tahu juga merupakan makanan yang mengandung sangat banyak gizi dan cukup mudah untuk diproduksi.

Tahu menjadi salah satu makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari protein hingga serat. Makanan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, sampai mengoptimalkan fungsi otak.

Baca Juga: Kemangi Ternyata Tak Cuma Buat Lalapan, Kenali Manfaatnya

Selain sebagai sumber protein, tahu juga mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan lemak. Kandungan asam amino esensial dan berbagai mineral, seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi, pun dapat ditemukan di dalam tahu.

Mudah diolah, harganya murah, dan rasa yang enak bikin produk kedelai ini jadi favorit banyak orang. Selain berbagai kelebihan tadi, tahu juga memiliki nutrisi yang baik, salah satunya sumber protein.

Dilansir thehealthy.com, menurut Sharon Palmer, RDN, ahli gizi terdaftar yang berspesialisasi dalam pangan nabati dan sustainable living, produk kedelai seperti tahu itu unik, karena memiliki kualitas protein tertinggi di antara sumber protein nabati yang lain.

Baca Juga: Kaya akan Zat Besi, Ini 6 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Tentu dengan kandungan gizinya tahu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dilansir dari Suara.com apa aja khasiat ajaib tahu? Berikut akan dibahas beberapa contohnya.

1. Dapat mencegah kanker payudara

Di antara kamu mungkin ada yang merasa khawatir mengonsumsi tahu karena mengandung banyak estrogen, yakni hormon yang dapat memicu pertumbuhan jenis kanker payudara tertentu. Untuk hal ini, Desiree Nielsen, RD, penulis Eat More Plants: Over 100 Anti-Inflammatory, Plant-Based Recipes for Vibrant Living, menjelaskan bahwa bukan itu permasalahannya. “Makanan (dari) kedelai mengandung fitoestrogen alami seperti isoflavon, yang memiliki efek penyeimbang lebih besar terhadap kadar hormon tubuh,” jelasnya. Jadi, salah besar ya kalau menghindari makan tahu karena takut kena kanker payudara.

Justru sebaliknya, konsumsi tahu bisa mencegah kanker payudara. Hal ini dikuatkan oleh penelitian yang terbit pada jurnal PLoS One tahun 2020. Setelah meninjau 14 penelitian, para peneliti menemukan bahwa wanita yang paling banyak mengonsumsi tahu memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil terkena kanker payudara dibanding mereka yang lebih sedikit mengonsumsi tahu.

Baca Juga: Tinggi Protein dan Kaya Nutrisi, 5 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

2. Menyehatkan jantung

Menurut Alex Caspero, RD, ahli diet terdaftar dan koki pangan nabati di St. Louis, Missouri, menjelaskan bahwa ada alasan kenapa makan asupan berbahan kedelai seperti tahu disarankan oleh American Heart Association. Diketahui, kedelai bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL) maupun kadar kolesterol total dalam tubuh.

Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Circulation tahun 2020 terhadap 289.900 orang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi tahu satu porsi atau lebih per minggu, memiliki kemungkinan 18 persen lebih kecil untuk terkena penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang makan tahu kurang dari sebulan sekali.

3. Bisa bikin panjang umur

Khasiat ajaib selanjutnya dari tahu, yakni bisa memperpanjang umur. Kok bisa? Diketahui, menurut penelitian yang terbit di JAMA Internal Medicine tahun 2020 diketahui bahwa mengganti hanya 3 persen kalori dari protein hewani ke dalam menu makan seseorang dengan protein nabati mampu mengurangi risiko kematian dini dan kematian akibat penyakit kardiovaskular sekitar 10 persen.

Wah, ternyata keren banget, ya, manfaat tahu bagi kesehatan. Walaupun murah dan bisa didapat dengan mudah, ternyata khasiatnya sama sekali gak murahan!

Claudia