blank
Pohon kemangi, daunnya ternyata tak hanya buat lalapan (insert). Foto: Anin

KEMANGI (Ocimum citriodorum) merupakan tanaman perdu yang daunnya mengeluarkan aroma wangi khas dengan rasa sedikit pahit. Kandungan sitrat yang tinggi membuat kemangi menimbulkan aroma yang khas.

Selama ini daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan dan dimakan dengan sambal. Kemangi juga disertakan dalam pembuatan pepes ikan. Yang tak banyak orang tahu, ternyata terdapat beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Tak hanya itu, daun kemangi mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebut membuat adanya beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat daun kemangi bagi kesehatan? Yuk simak.

Dirangkum dari buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan (2018), berikut manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Membantu meringankan penyakit jantung

Salah satu manfaat daun kemangi bagi kesehatan adalah dapat membantu meringankan penyakit jantung. Antioksidan eugenol dalam daun kemangi berkhasiat mengontrol kolesterol dan gula darah sehingga membantu meringankan penyakit jantung.

Meringankan sakit kepala

Daun kemangi dapat mengatasi sakit kepala. Caranya cukup dengan merebus daun kemangi kemudian minum airnya untuk meringankan sakit kepala.

Mengobati batu ginjal

Untuk mengobati batu ginjal, konsumsilah daun kemangi secara rutin dalam bentuk jus daun kemangi dicampur dengan madu.

Sebagai obat flu dan batuk

Daun kemangi mempunyai khasiat ekspektoran untuk mengobati flu dan batuk serta dapat mengencerkan lendir penderita asma dan bronkitis. Caranya, rebus daun kemangi tambahkan cengkeh dan sedikit garam dan minum airnya secara teratur.

Mengatasi demam berdarah dan malaria

Untuk meredakan demam, anda bisa menumbuk daun kemangi lalu kompreskan pada dahi. Selain itu, rebuslah daun kemangi tambahkan kapulaga dengan setengah liter air dan campurkan madu. Minumlah secara teratur.

Membantu mengatasi stres

Daun kemangi juga dapat mengatasi stres. Kandungan adaptogen (agen stes) dalam daun kemangi dapat melindungi dan mencegah stres. Caranya, rebuslah daun kemangi tambahkan madu untuk meringankan tekanan stres yang anda alami.

Mengharumkan nafas dan mengatasi sakit tenggorokan

Daun kemangi juga dapat mengharumkan nafas dan mengatasi sakit tenggorokan. Caranya, rebuslah beberapa lembar daun kemangi minum airnya atau jadikan sebagai obat kumur secara rutin.

Dapat mengobati keputihan

Senyawa eugenol dalam daun kemangi dapat mengatasi jamur penyebab keputihan. Konsumsilah daun kemangi secara rutin. Jadi, makanlah daun kemangi mentah untuk mengatasi keputihan.

Mengobati jerawat dan menjaga kesehatan kulit

Daun kemangi mempunyai agen anti bakteri anti jamur yang berkhasiat membersihkan jerawat dan melancarkan regenerasi kulit sehingga kulit akan terlihat cerah dan segar. Caranya, tumbuklah daun kemangi hingga halus dan jadikan sebagai masker wajah untuk perawatan rutin.

Demikianlah manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang sayang sekali jika dilewatkan.

Aninda Eka Rahayu