blank
Suasana di MSBK, dengan koleksi berkaitan peralatan untuk latihan Kungfu. Foto: Dok MSBK

GALLERY Kungfu Wonosobo atau yang juga dikenal dengan nama Sasana Beladiri didirikan oleh Shifu / Master / Satya Guru Odi Purwanto.

Odi Purwanto, tokoh seni beladiri Kungfu Indonesia membangun museum Seni Beladiri Kungfu di rumah orang tuanya di Desa Selonegoro RT 3/RW 1, Selokromo, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Bangunan galeri tersebut sangat unik, antik, eksotik, artistik dan bernuansa tradisional khas tempo doeloe.

Galeri tersebut dibangun pada tahun 1957  dan merupakan rumah pertama yang berada di atas lahan wilayah Selonegoro – Selokromo. Dan saat ini, dim Kawasan Selonegoro – Selokromo telah dihuni sekitar 150 Kepala Keluarga.

Jadi Museum Beladiri

Minggu, 9 Oktober 2023, nama Gallery Kungfu Wonosobo & Sasana Beladiri ini, telah diganti menggunakan nama menjadi “Museum Seni Beladiri Kungfu – Wonosobo (MSBK – Wonosobo)”.

blank
Rumah lama yang amsih sangat tradisional, di sinilah Museum Seni Beladiri Kungfu berada. Foto: Dok MSBK

Pada dasarnya Eksistensi Museum Seni Beladiri Kungfu – Wonosobo (MSBK – Wonosobo) ini, secara mutlak dapat dinilai & diakui secara independen sebagai “Museum Seni Beladiri Kungfu Pertama di Indonesia” oleh Keluarga Besar Seni Tarung Kenki. Selebihnya tinggal disosialisasikan secara konsisten kepada masyarakat praktisi seni beladiri di Indonesia maupun di kancah internasional.

Adapun beragam koleksi segala benda yang berhubungan dengan seni beladiri Kungfu yang telah dikumpulan secara bertahap oleh Shifu /Master / Satya Guru Odi Purwanto sejak tahun 2004.

Benda-benda yang tersimpan di museum itu antara lain:

  1. Berbagai asesoris & jenis senjata seni beladiri kungfu, seperti senjata panjang, senjata pendek, senjata lentur, senjata ganda yang semuanya memiliki bermacam kategori dengan jumlah total 291 senjata.
  2. Berbagai buku seni beladiri kungfu termasuk buku dari berbagai gaya seni beladiri di luar seni beladiri kungfu diri sistem tarung lainnya (baik yang berasal dari Indonesia, China, Jepang, dan Korea) ditambah buku tenaga dalam maupun prana, dengan jumlah total 821 buku.
  3. berbagai video seni beladiri kungfu dari klasifikasi edukasi, hiburan, tutorial & motivasional, termasuk video seni beladiri lainnya yang non seni beladiri kungfu, dengan jumlah video 900 lebih.
blank
Koleksi di Museum Seni Beladiri Kungfu – Wonosobo. Foto: Dok: MSBK
  1. Berbagai piala, medali, sertifikat (baik dari dalam maupun dari luar negeri), plakat, dan dokumen penting lainnya yang berhubungan dengan seni beladiri kungfu, termasuk multiseni beladiri lainnya, dengan dokumen sejumlah 600 lebih.

Eksistensi Museum Seni Beladiri Kungfu – Wonosobo merupakan bukti autentik perwujudan komitmen, dedikasi, prestasi, rasa cinta dan keseriusan dari Shifu Master Satya Guru Odi Purwanto dalam mempelajari multi beladiri, khususnya dalam menekuni seni beladiri Kungfu.

GM/Brahma Guru Henri Hendarto, legenda seni beladiri indonesia, aktor film laga era 90-an kreator & founder Seni Tarung KENKI