blank
Polres Wonogiri melalui Seksi Propam pimpinan AKP Parji, menggelar razia Gaktibplin kepada semua anggota.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri melalui seksi Profesi dan Pengamanan (Propam), Kamis (19/10), melakukan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) bagi anggota. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasipropam AKP Parji, dan anggota yang tidak disiplin langsung diberi sanksi.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, melalui Kasipropam AKP Parji, menyatakan, Gaktiplin ini dilakukan untuk meminimalisir serta mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan anggota. Baik anggota Polres Wonogiri beserta seluruh  jajarannya, termasuk yang berdinas di semua Polsek.

Tujuannya, untuk penegakan disiplin dalam upaya menghindarkan permasalahan. Baik masalah yang berkaitan dengan sikap dsiplin, maupun ketidaktaatan personel pada kode Etik Profesi Polri.

Jika ditemukan anggota yang tidak disiplin dan melakukan pelanggaran, kepadanya langsung diberikan tindakan. Juga diberikan sanksi teguran secara lisan di tempat. ”Ini dalam upaya memberikan efek jera,” tegas Kasi Propam Polres Wonogiri, AKP Parji.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, sasaran Gaktibplin meliputi performance yang berkaitan dengan sikap tampang, kerapian pemakaian seragam, dan kepatuhan dalam pemakaian kelengkapan atribut yang wajib digunakan, Juga diperiksa dokumen surat- surat nyata diri, kartu tanda anggota (KTA) yang wajib dimiliki dan masih berlaku.

Berikut diperiksa pula kepemilikan KTP dan SIM, serta STNK sebagai dokumen surat kendaraan yang dikendarainya. Juga diperiksa dokumen kelengkapan surat izin bagi yang memegang Senpi (Senjata Api) dinas.

Dengan Gaktibplin ini, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran anggota Polri. Ini erat kaitannya dengan esensi kedisiplinan, menjadi bagian yang melekat dalam kesiapsiagaan anggota. Sebelum anggota bertugas memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada warga masyarakat.
Bambang Pur