blank
Beberapa narasumber yang hadi di acara Customer Gathering Logistic Day, (dari kiri ke kanan), Gunawan Hutagalung, Tonggo Marbun (Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia), Condro Kirono (Komisaris Independen Pos Indonesia), dan Arifin Muchlis. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal R Djoemadi mengatakan, pihaknya kembali menggelar acara Customer Gathering Logistic Day, yang kali ini dilakukan di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Kamis (12/10/2023).

Dalam acara Customer Gathering Logistic Day kedelapan ini, sekaligus memperkenalkan transformasi Pos Indonesia, pada layanan kurir dan logistik.

Hadir pada acara ini, Komisaris Independen Pos Indonesia Condro Kirono, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun, Direktur Business Development & Portfolio Management PT Pos Indonesia Prasabri Pesti.

BACA JUGA: Mahasiswa Kedokteran Unissula Gunakan Permainan Tradisional Untuk Atasi Konflik

Terlihat pula Direktur Pos Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Gunawan Hutagalung, dan Senior Vice President Enterprise Business Pos Indonesia Arifin Muchlis.

Menurut Faizal, kegiatan customer gathering di Semarang ini digelar, sebagai upaya Pos Indonesia mendekatkan diri kepada stakeholder. Dalam kesempatan itu juga digunakan Pos Indonesia, untuk menyampaikan transformasi bisnis kurir dan logistik.

”Transformasi yang kami lakukan juga sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, untuk menekan ongkos logistik, dari 23 persen menjadi 15 persen, agar lebih efisien,” kata dia kepada sejumlah awak media, di sela acara.

BACA JUGA: Kejari Kota Semarang Musnahkan Barang Bukti Sabu hingga Sajam, dari 81 Perkara

Ditambahkannya, pemerintah saat ini memang fokus membangun infrastruktur. Atas dasar itu, Pos Indonesia terus menggenjot logistik service, melalui berbagai inovasi dan transformasi.

Sedangkan Direktur Pos Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Gunawan Hutagalung menyatakan, sebagai regulator, pemerintah mendorong industri logistik Tanah Air untuk terus berkembang.

Disebutkan dia, layanan pos terus diperkuat, seiring berkembangnya potensi sektor ini. Dari catatan yang ada, sektor transportasi dan pergudangan naik dari 3,24 persen pada 2021, menjadi 19,87 persen pada 2022 lalu.

BACA JUGA: Mahasiswa Psikologi Unissula Kenalkan Psikoedukasi Prophetic Parenting 

”Sektor transportasi dan pergudangan menjadi kontributor pertumbuhan ekonomi Nasional, dengan sub sektornya yang pulih dan tumbuh tinggi. Sub-sektor Pos dan Kurir sendiri, memberikan kontribusi menjanjikan, bila dilihat dari share terhadap sektor transportasi dan pergudangan,” papar Gunawan.

Dia berharap, Pos Indonesia sebagai BUMN yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, mampu menjadi ‘Courier and Logistic Solutions’ bagi masyarakat, kementerian, lembaga, departemen, dan pemerintahan daerah. Masyarakat juga diminta menggunakan berbagai layanan pos di Indonesia.

Sementara itu, Senior Vice President Enterprise Business Pos Indonesia, Arifin Muchlis menyampaikan, saat ini pihaknya terus memperkuat logistic services.

BACA JUGA: Wabup Wonosobo: Dieng Miliki Potensi jadi Geopark Nasional

Di antaranya dipercaya menjadi salah satu penyedia layanan kurir dan logistik, yang direkomendasikan untuk pendistribusian logistik KPU. Pos Indonesia juga dipercaya pemerintah, untuk mendistribusikan bantuan sosial pangan.

”Kami mempunyai lebih dari 4.500 kantor cabang. Inilah yang kami andalkan untuk mendistribusikan kiriman barang ke seluruh Indonesia. Kami terus bertransformasi menjadi BUMN logistik, dan berkomitmen terus meningkatkan infrastruktur, sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Acara Customer gathering ini, juga dihadiri para pemangku kepentingan dari pemerintahan dan BUMN. Pos Indonesia juga memberikan apresiasi kepada pelanggan setia, sebagai penghargaan atas kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Riyan