blank
Pengiriman bantuan air bersih oleh BAGANA Kudus ke Desa Papringan. Foto: Lail

KUDUS (SUARABARU.ID)- Banser Tanggap Bencana (BAGANA) Kudus mengirim air bersih untuk warga Desa Papringan Kecamatan Kaliwungu Kudus, Senin 9 Oktober 2023.

Nuryanto dari Bagana Kudus mengatakan, bantuan diberikan sebagai respons atas situasi kekeringan yang telah berlangsung selama beberapa bulan dan telah memengaruhi kehidupan  penduduk di wilayah Papringan.

“Bantuan ini, mencakup pengiriman air bersih yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti minum, memasak, dan keperluan sanitasi,’’ kata Nuryanto.

Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu,Kabupaten Kudus menjadi sasaran karena daerah ini adalah salah satu yang paling terdampak oleh kekeringan yang berkepanjangan.

Situasi kekeringan yang berlarut-larut telah mengakibatkan krisis air bersih di daerah ini,’’ujar Nuryanto.

Saat ini banyak sumur telah mengering, dan pasokan air minum menjadi langka. Kekeringan juga mempengaruhi kegiatan bidang pertanian.

‘’Hari ini, droping air bersih diangkut menggunakan truk tangki khusus dan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Nuryanto.

Tim BAGANA Kudus, bekerja keras untuk memastikan air bersih terdistribusi secara adil dan merata di seluruh wilayah Desa Papringan yang terdampak.

Warga Desa Papringan, Mukrin, menyatakan bantuan ini sangat membantu penduduk  yang telah lama menderita akibat kekurangan air bersih.

“Masyarakat Desa Papringan, menyambut gembira dan senang atas bantuan droping air bersih dari BAGANA Kudus.Semoga bantuan ini memberikan perubahan positif dalam kehidupan mereka yang terkena dampak kekeringan,’’ kata Mukrin.

Lailul Huda-Mg