blank
Ilustrasi adas manis bumbu penyedap makanan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Adas manis memiliki rasa yang sedikit manis dan aroma yang khas. Tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu masakan, karena bisa memberikan aroma harum yang khas sekaligus meningkatkan cita rasa dari makanan.

Adas atau dengan nama latin Foeniculum vulgare Mill. merupakan suatu tanaman yang termasuk dalam family Apiaceae. Tanaman adas banyak dibudidayakan di daerah yang tropis seperti Indonesia. Adas banyak digunakan sebagai rempah-rempah di dapur.

Selain itu, mengkonsumsi adas juga dapat membantu mengurangi perut kembung dan pembentukan gas di dalam perut. Adas juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit karena memiliki agen laksatif. Adas mengandung banyak serat yang membuatnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak di dalam tubuh.

Baca Juga: Mudah Ditanam dan Dirawat, Ini 5 Tanaman Pengusir Hama Tikus dengan Cara Alami

Disamping itu, adas manis juga kerap digunakan sebagai media pengobatan herbal, karena mengandung beragam senyawa fitokimia alami yang memiliki efek antioksidan, antidiabetes, antiradang, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh kandungan senyawa tersebut meliputi Anethole, estragole, umbelliferone, flavonoid, glikosida limonene, isoorientin, dan isovitexin. Lantas, seperti apa penjelasan tentang manfaat adas manis bagi kesehatan? Dilansir dari Suara.com berikut lima diantaranya.

1. Bantu Atasi Masalah Pencernaan

Kandungan fitokimia alami pada adas manis yang bertindak sebagai antiradang dinilai ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya pada kasus Irritable bowel syndrome. Penyakit ini bisa mempengaruhi kinerja usus besar dan memicu berbagai tanda dan gejala, seperti kembung, konstipasi, hingga sakit kepala.

Baca Juga: Termasuk Tanaman Liar, Tapi Taukah Kamu Manfaat Tanaman Senggani Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Dengan mengonsumsi suplemen adas manis secara teratur atau dalam kurun waktu 4 minggu, masalah pencernaan yang satu ini bisa diatasi dengan baik.

2. Meredakan Gejala Menopause

Ekstrak adas manis dipercaya ampuh mengatasi hot flashes pada wanita yang memasuki fase menopause. Hot flashes merupakan sensasi panas pada tubuh akibat menurunnya kadar estrogen. Nah, kandungan fitokimia pada adas manis memiliki sifat yang mirip dengan hormon estrogen. Dengan begitu, gejala yang timbul akibat menopause bisa cepat reda.

3. Meredakan Gejala PMS

Tak hanya menopause, rempah ajaib yang satu ini juga ampuh dalam meredakan gejala PMS. Berdasarkan studi ilmiah dari Journal of Complementary and Integrative Medicine menyebutkan bahwa para responden yang mengonsumsi suplemen adas manis sebanyak 3 kali sehari selama 10 hari mengalami penurunan gejala PMS, seperti sakit kepala, perubahan mood, kram perut, serta pembengkakan payudara.

Baca Juga: Cepat Panen dan Mudah Dibudidayakan, Ini Lima Jenis Tanaman yang Cocok

4. Melancarkan Produksi ASI

Bagi ibu menyusui yang memiliki masalah dengan produksi ASI, sebaiknya mencoba suplemen rempah dari adas manis karena memiliki kandungan galactagogue yang dapat merangsang produksi ASI.

Dalam prosesnya, galactagogue akan meningkatkan hormon prolaktin yang terkait dengan produksi ASI pada ibu menyusui.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Adas manis diketahui memiliki efek antidiabetik yang mampu mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes. Sebuah studi ilmiah dari Journal of Complementary Medicine juga pernah melakukan penelitian berbasis laboratorium mengenai manfaat tanaman herbal ini untuk penderita diabetes melitus.

Baca Juga: Termasuk Tanaman Liar, Tapi Taukah Kamu Manfaat Tanaman Senggani Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Para ahli menyebut bahwa subjek yang mengkonsumsi suplemen adas manis sebanyak 5 gram selama 60 hari menunjukkan penurunan jumlah glukosa di dalam darah. Itu berarti adas manis memiliki potensi sebagai obat herbal diabetes.

Itulah tadi pembahasan tentang lima manfaat adas manis bagi kesehatan. Anda bisa mengonsumsi adas manis dalam bentuk suplemen, sebagai tambahan pada bumbu masakan, atau dikonsumsi sebagai teh herbal, semoga bermanfaat!

Claudia