blank
Ilustrasi tikus rumah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABRU.ID)- Tikus menjadi salah satu binatang yang kerap kali ditemui di banyak tempat, termasuk di pemukiman. Tikus merupakan binatang yang termasuk dalam ordo rodentia, sub ordo Myormorpha, family muridae. Family muridae ini merupakan family yang dominan dari ordo rodentia karena mempunyai daya reproduksi yang tinggi, pemakan segala macam makanan (omnivorous) dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang diciptakan manusia.

Tikus rumah adalah hewan pengerat biasa yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat serta melompat. Hewan ini termasuk dalam subsuku Murinae dan berasal dari Asia.

Hewan pengerat satu ini memang sering kali menjadi permasalahan kesehatan dan kerap mengganggu kehidupan manusia karena ulahnya seperti menggerogoti rumah, mencuri makanan dan juga dapat sebagai biang keladi penyebaran wabah penyakit.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah!

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengusir tikus dari lingkungan rumah. Mulai dari memelihara predator alami seperti kucing, pemberian racun tikus hingga menanam tumbuhan tertentu yang memiliki sifat sebagai anti-tikus atau pengusir tikus. Berikut ini 5 tanaman yang bisa kamu gunakan sebagai penghalau tikus secara alami di rumah.

1. Sage

Sage merupakan salah satu tanaman hias yang selain berfungsi sebagai penghias pekarangan atau halaman, juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus.

Tanaman yang memiliki bentuk daun cukup indah ini diketahui mengeluarkan semacam aroma yang tidak disukai oleh tikus. Letakkan pot tanaman sage di sekitar area yang kerap kali dilalui oleh tikus. Aroma yang dikeluarkan dari tanaman tersebut akan membuat tikus menjauhi area tersebut.

Baca Juga: Tips Mengusir Tikus Dari Dalam Rumah

2. Cengkeh

Cengkeh dikenal sebagai salah satu tanaman yang berfungsi sebagai rempah dan campuran wewangian. Aroma cengkeh yang cukup harum ternyata tidak begitu disukai oleh tikus.

Hal inilah yang membuat tanaman yang biasa digunakan dalam campuran rokok tersebut dapat digunakan sebagai tanaman penghalau tikus secara alami.

Anda dapat menanam beberapa pohon cengkeh di pekarangan rumah untuk menghalau tikus mendekat. Bisa pula menaburkan bunga cengkeh tersebut di area yang seringkali dilalui oleh tikus.

3. Lavender

Tanaman yang memiliki bau yang cukup wangi ini juga tidak disukai oleh tikus. Dilansir dari laman a-z-animals.com, tanaman yang identik dengan warna bunga kebiruan ini memiliki semacam senyawa yang dapat membuat indera penciuman tikus terganggu.

Baca Juga: Tips Mengusir Tikus Dalam Rumah

Bahkan, aroma yang dianggap manusia sangat wangi ini sangat dibenci oleh tikus. Kamu dapat menanam beberapa tanaman lavender guna menghalau tikus untuk masuk ke dalam rumah.

4. Pohon Bintaro

Pohon yang memiliki buah yang cukup beracun ini ternyata dapat digunakan sebagai penghalau tikus alami. Dilansir dari situs alodokter.com, pohon bintaro selain dapat menjadi pohon peneduh halaman, buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir alami tikus.

Sebarkan buah bintaro yang telah dihancurkan di sekitar area yang biasanya dilalui tikus. Senyawa toksin yang dikeluarkan oleh bunga ini dapat menghalau tikus untuk mendekat ke area tersebut.

Baca Juga:Trik Mudah Mengusir Tikus Dalam Rumah

5. Cabai

Tanaman yang lumrah digunakan sebagai bumbu dapur ini juga dapat digunakan sebagai pemgahalau alami bagi tikus.

Senyawa capcaisin yang dikeluarkan oleh buah cabai dapat mengganggu indera penciuman tikus dan membuat hewan pengerat tersebut lari. Seperti lazimnya aroma yang dicium manusia, aroma pedas dari cabai juga tidak terlalu digemari oleh tikus.

Nah, itulah 5 jenis tanaman yang dapat menjadi penghalau tikus secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia