blank
Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan saat melaunching Kantin Kontainer di UIN Walisongo Semarang. Foto: Dok/DD Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dompet Dhuafa Jawa Tengah menginisiasi program beasiswa berbasis pemberdayaan ekonomi bagi kalangan mahasiswa kurang mampu dalam bentuk ‘Kantin Kontainer’.

Dompet Dhuafa Jawa Tengah melaunching program kantin kontainer di UIN Walisongo Semarang pada Kamis (5/10/2023).

Kegiatan tersebut terwujud adanya kolaborasi antara Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang yang didukung oleh BTN Syariah.

Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan mengatakan, sebelumnya pada tahun 2016 pihaknya telah melaunching program kantin kontainer serupa di UIN Salatiga.

“Program kantin kontainer telah memberikan dampak positif kepada kehidupan mahasiswa. Maka kami lanjutkan program ini di UIN Walisongo Semarang, guna memberdayakan potensi mahasiswa di bidang enterpreneur melalui kantin kontainer,” ujarnya.

“Kami tak berharap program ini hanya berjalan satu tahun, namun bisa berjalan hingga bertahun-tahun bahkan seterusnya. Prinsip sustainable ini harus kita terapkan dalam program kantin kontainer,” kata Zaini.

Zaini mengapresiasi dukungan dari semua pihak, khususnya para donatur Dompet Dhuafa, karena dari zakat yang telah ditunaikan mampu memberi manfaat kalangan mahasiswa dalam bentuk beasiswa berbasis pemberdayaan ekonomi melalui program kantin kontainer ini.

Sementara Udhi Tri Kurniawan, General Manajer Pengembangan Ekonomi dan Kemandirian Dompet Dhuafa menyebut, program kantin kontainer ini tidak hanya dikembangkan di 3 kampus di Indonesia, namun juga akan kami proses ke 20 kampus di Indonesia.

Dekan FEBI UIN Walisongo Semarang, Muhammad Saifullah mengatakan, pihaknya mendukung penuh program beasiswa berbasis pemberdayaan ekonomi seperti program kantin kontainer ini.

“Kami sangat mengapresiasi program kantin kontainer yang di inisiasi Dompet Dhuafa di FEBI UIN Walisongo Semarang ini. Kami akan mengawal program ini dengan baik dan semaksimal mungkin. Program ini sangat positif sebagai media pembelajaran mengajarkan para mahasiswa pengelola kantin berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka dalam mengembangkan usaha yang dijalaninya,” terang Saifullah.

Hingga akhir tahun 2023, Dompet Dhuafa Jawa Tengah mentargetkan akan memiliki 3 titik program kantin kontainer, yakni di UIN Salatiga, UIN Walisongo Semarang, dan yang sedang dalam proses pembangunanya di IAIN Kudus.

Ning S