blank
Wajah Cerah dan sehat. Foto: Freepik

SEMARANG (UARABARU.ID)- Kulit kusam menjadi salah satu permasalah wajah yang paling sering dialami banyak orang, baik yang memiliki kulit kering, berminyak maupun kombinasi.

Menurut dermatolog Carren Campbell, secara teknis istilah dewy atau glowing bukanlah istilah medis. Istilah tersebut merupakan kata yang dipopulerkan oleh media dan komunitas skincare. Maknanya sendiri adalah kulit yang terlihat bercahaya seakan memantulkan cahaya.

Namun, tahukah kamu? Ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi penyebab kulit menjadi kusam. Maka dari itu, kita perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut agar kulit menjadi lebih sehat dan glowing.

Baca Juga: Menjadi Bahan Aromatic Dalam Masakan, Ini 3 Manfaat Rosemary bagi Kesehatan

Inilah lima kebiasaan yang membuat kulit menjadi kusam, yang dilansir dari kanal YouTube Pricebook Beauty.

1. Kurang Minum

Kurangnya asupan cairan akan menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak cerah bercahaya alias kusam. Selain itu, pori-pori kulit juga akan semakin terlihat dan garis-garis keriput bisa muncul lebih cepat.

Menurut sebuah studi, Minum cukup air terbukti membuat kulit menjadi lebih sehat. Air menjaga kelembapan dan kelenturan kulit agar lebih tahan terhadap iritasi dan kerusakan. Minum air setiap hari juga membantu untuk menghidrasi kulit. So, jangan malas minum ya!

Baca Juga: Pelembap Wajah, Seberapa Penting dan Bagaimana Memilih

2. Malas Pakai Pelembap

Selain dari asupan air, kulit wajah kamu juga butuh kelembapan dari luar yang berasal dari pelembap atau moisturizer. Itulah alasan mengapa penggunaan pelembap tidak boleh dilewatkan, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit cenderung kering dan mudah kusam.

Pemakaian pelembap secara rutin dua kali sehari bisa melindungi kulit dari risiko kerusakan dan penuaan dini serta membantu mencerahkan kulit. Pilihlah pelembap atau moisturizer yang cocok untuk jenis kulitmu.

3. Begadang

Perlu diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh membantu kolagen dan keratin saat tidur. Kedua zat ini berguna untuk mengencangkan dan membuat kulit sehat. Jika kamu sering begadang, kamu perlu berhati-hati. Karena kebiasaan ini bisa membuat tubuh tidak bisa memproduksi kolagen dan keratin dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Wajah dan Tips Penggunaanya Agar Hasil Maksimal

Hal itu akan mengakibatkan kulit menjadi tidak mampu untuk beregenerasi dengan optimal. Sehingga, kulit kamu akan tampak kusam, lelah, dan kantung mata yang menebal. Di sisi lain, kulit wajah juga akan berisiko mengalami penuaan dini.

4. Merokok

Selain membahayakan paru-paru, merokok juga berefek kepada kulit wajah. Kebiasaan merokok bisa merusak dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi aliran darah yang kaya akan nutrisi untuk kulit.

Parahnya, pasokan oksigen ke kulit juga akan berkurang selama 1 jam hanya dengan merokok selama 10 menit. Hal tersebut tentu membuat kulit akan mudah keriput, rapuh, dan susah untuk diperbaiki.

Bagi perokok berat, mereka akan memiliki risiko 5 kali lipat lebih besar, yakni terkena masalah kulit lain termasuk kanker kulit.

Itulah beberapa kebiasaan yang bikin kulitmu kusam. So, Hindarkan kebiasaan tersebut jika ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat.

Claudia