blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memiliki tempat tidur yang nyaman pastinya merupakan salah satu idaman setiap orang. Namun, tempat tidur atau kasur yang nyaman justru terkadang seringkali dengan tidak sengaja menyimpan makhluk lain yang juga berhabitat di dalam kasur tersebut.

Kutu kasur atau dengan nama lain Bedbugs (Cimex lectularius) merupakan serangga kecil yang hidup dengan cara mengisap darah. Hewan ini juga disebut dengan kutu Kasur, karena sering bersembunyi di sekitar tempat tidur, rangka Kasur, atau area lain di sekitar kasur. Kutu kasur dapat menyebabkan iritasi dan juga gatal-gatal apabila sampai menggigit kulit manusia.

Penyebab Kasur dan sofa sudah lama tidak dibersihkan selama bertahun-tahun. Seprai kasur tidak diganti selama beberapa bulan. Kutu kasur awalnya menempel di sejumlah pakaian yang tersimpan di lemari, lalu mereka berhasil pindah ke kasur atau sofa.

Baca Juga: Selain Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Ini 3 Alasan Menjemur Kasur Secara Rutin

Berdasarkan penelitian, kutu busuk bisa muncul sebab Anda jarang mengganti sprei dan menjemur kasur. Kutu busuk juga bisa berasal dari kebiasaan menaruh pakaian kotor atau handuk kotor di atas kasur.

Kutu kasur juga dianggap sebagai salah satu serangga yang dapat menyebarkan penyakit. Melansir dari artikel berjudul “Bed bugs and infectious disease: a case for the arboviruses”, kutu kasur berpeluang menjadi pembawa penyakit hepatitis bahkan HIV.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dari tempat tidur, khususnya kasur. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 cara sederhana menghilangkan kutu kasur dari ranjang atau tempat tidur.

Baca Juga: Dapat Membasmi Tungau, Ini 4 Manfaat Menjemur Kasur dan Bantal

1. Bersihkan Kasur Menggunakan Vacuum Cleaner

Kutu kasur merupakan serangga yang memiliki ukuran cukup kecil, bahkan sangat sulit dilihat dengan mata telanjang. Kutu kasur biasanya berhabitat di permukaan kasur atau bagian dalam kapuk atau spons yang menjadi isi kasur. Membersihkan kasur dengan cara biasa seperti menggunaka kemoceng atau sapu jelas kurang efektif.

Oleh karena itu, apabila kamu akan membersihkan kasurmu, maka gunakanlah vacuum cleaner agar dapat menyedot debu-debu dan kutu kasur yang berukuran sangat kecil. Melansir dari situs halodoc.com, cara ini cukup efektif untuk menghilangkan kutu kasur di tempat tidur. Usahakan kamu membersihkan kasurmu paling tidak 1-2 minggu sekali guna meminimalisir menjadi sarang kutu kasur.

2. Sesekali Jemur Kasurmu

Salah satu cara klasik namun ampuh untuk menghilangkan atau minimal mengurangi kutu kasur adalah dengan cara menjemur kasurmu sesekali. Usahakan kamu menjemur kasurmu di bawah sinar matahari langsung agar membunuh tungau atau kutu kasur yang berhabitat di dalam kasurmu. Menjemur kasur secara rutin juga dapat menghilangkan bau tidak sedap dari kasurmu. Kutu kasur umumnya akan lari atau mati ketika mendapatkan panas dari sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: Tips Menjemur Kasur Dari Bahan Busa

3. Gunakan Insektisida Alami

Salah teknik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan atau membunuh kutu kasur adalah dengan menggunakan insektisida alami. Insektisida alami tersebut umumnya terbuat dari kapur barus yang telah dihancurkan dan dilarutkan ke dalam air yang telah diberi garam.

Melansir dari situs klikdokter.com, semprotkan larutan insektisida tersebut ke permukaan kasur lalu tunggu beberapa saat. Kamu juga bisa menambahkan cuka ke dalam larutan insektisida tersebut guna menambah efek beracun pada kutu kasur. Akan tetapi, janganlah terlalu sering menggunakan insektisida tersebut karena dikhawatirkan justru membuat kutu kasur menjadi kebal terhadapnya.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengilangkan kutu kasur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia