blank
Ilustrasi tidur nyenyak. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kasur menjadi salah satu furnitur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi kita sudah pasti tidak bisa lepas dari kasur. Namun, seringkali kita lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kasur tersebut.

Menggunakan kasur yang nyaman untuk tidur mampu meredakan stres setelah seharian beraktivitas. Jika kasur kita nyaman maka tubuh akan merasa rileks saat berbaring, saat itulah pikiran dan tubuh kita melepaskan semua stres dalam diri dan beristirahat.

Padahal menjaga kebersihan kasur merupakan keharusan, loh! Supaya terhindar dari berbagai kotoran maupun bakteri berbahaya yang tidak bisa dilihat secara langsung.

Baca Juga:Dapat Membasmi Tungau, Ini 4 Manfaat Menjemur Kasur dan Bantal

Salah satu cara menjaga kasur tetap bersih dan sehat adalah dengan menjemurnya secara rutin. Dilansir dari Suara.com berikut ini adalah 3 alasan mengapa kasur harus dijemur:

1. Menghilangkan Debu dan Tungau

Kasur merupakan tempat yang rentan terhadap penumpukan debu dan tungau. Debu dan tungau yang menumpuk pada kasur dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti alergi, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

Sebuah studi dari jurnal Microbiome yang dilakukan oleh University of Oregon membuktikan bahwa sebanyak 12% bakteri di ruangan gelap dapat bertahan hidup dan berkembang biak, selanjutnya hanya 6,1-6,8% bakteri yang dapat bertahan hidup di ruangan dengan paparan sinar matahari. Maka dari itu mengapa dianjurkan untuk menjemur kasur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Tips Menjemur Kasur Dari Bahan Busa

2. Mengurangi Kelembapan

Suasana lembap pada kasur dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Kelembapan pada kasur biasanya disebabkan oleh keringat yang dikeluarkan oleh tubuh saat tidur. Dengan menjemur kasur, kelembapan pada kasur dapat dikurangi sehingga tumbuhnya jamur dan bakteri dapat dicegah.

Senada dengan inthebox.net, banyak faktor yang menyebabkannya, seperti sirkulasi udara, suhu kamar tidur, atau mungkin kena keringat. Akibatnya, perlengkapan tidur kamu pun berbau tidak sedap. Maka dari itu, kasur dan perlengkapan tidur lain perlu dijaga kelembapannya, ya!

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur di atas kasur yang bersih dan sehat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Dalam hal ini, menjemur kasur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena sinar matahari yang masuk ke dalam kasur dapat membunuh bakteri dan virus yang mungkin ada pada kasur.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan air tidak dianjurkan saat menjemur kasur karena dapat membuat kasur menjadi basah dan sulit untuk dikeringkan. Sebaiknya taruh kasur di bawah sinar matahari langsung tanpa menggunakan alas apapun selama beberapa jam.

Namun, jika memungkinkan, sebaiknya taruh kasur di bawah sinar matahari pagi atau sore hari agar sinar matahari tidak terlalu panas dan tidak merusak kualitas kasur.

Claudia