blank
Ilustrasi menjemur bantal saat cuaca panas. Foto: Pixabay

SEMARANG (SURABARU.ID)- Sejak dulu kegiatan menjemur kasur dan bantal sudah umum dilakukan di Indonesia. Saat cuaca sedang panas, orang-orang biasanya tak ingin melewatkannya, dan memanfaaatkan terik matahari untuk menjemur kasur mapupun bantal mereka.

Manfaat pertama dari menjemur kasur, bantal dan guling di bawah terik matahari langsung dapat membasmi kutu kasur atau tungau yang bersembunyi di baliknya. Ini karena beberapa bakteri dan tungau tak bisa bertahan hidup dalam suhu sangat tinggi.

Menjemur kasur tidak perlu dilakukan terlalu lama, cukup 15-20 menit saja. Sebab jika terlalu lama, justru kasur kotor karena terkontaminasi debu dan polusi serta kotoran lainnya yang dibawa oleh udara.

Baca Juga: Selain Mudah Diolah, Ini 5 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

Kebiasaan menjemur perlengkapan tidur ini bukannya tanpa alasan. Ternyata ada sederet manfaat yang dihasilkan jika kita rutin menjemurnya.

Selain untuk meningkatkan kualitas tidur, inilah 4 manfaat menjemur kasur dan bantal seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Membasmi tungau

Tungau alias kutu kasur merupakan serangga yang sangat kecil, namun cukup mengganggu karena bisa menggigit dan membuat kulit gatal-gatal. Menjemur kasur dan bantal di bawah terik matahari diyakini cukup efektif untuk membasmi tungau.

Tungah dan bakteri-bakteri tertentu memang tidak bisa bertahan hidup dalam suhu yang sangat tinggi. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa kasur dan bantal tidurmu keluar rumah.

Baca Juga: Selain Membantu Melancarkan Peredaran Darah, Ini 5 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

2. Membunuh kuman

Tanpa kita sadari, kasur yang digunakan untuk tidur setiap hari ternyata mengumpulkan debu, kotoran, sel-sel kulit mati, serta kuman yang akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jika diabaikan, tumpukan kotoran tersebut akan berisiko menimbulkan penyakit kulit dan pernapasan seperti iritasi kulit, alergi, bahkan asma.

Seperti halnya membasmi tungau, paparan sinar matahari dipercaya bisa membunuh kuman-kuman yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang di kasur dan bantal.

3. Menjaga ukuran asli kasur dan bantal

Ketika perlengkapan tidur seperti kasur, bantal, atau guling telah lama digunakan, biasanya akan cenderung menjadi kempis dan kurang nyaman untuk tidur karena menyerap kelembapan atau cairan tubuh. Hal itu sebenarnya wajar karena kita menggunakannya setiap hari.

Baca Juga: Selain untuk Perawatan Ikan Cupang, Ini 5 Manfaat Daun Ketapang bagi Kesehatan

Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa menjemur perlengkapan tidurmu di bawah sinar matahari agar bisa menggembung lagi.

4. Mencegah perlengkapan tidur menjadi lembap

Jika kasur atau bantal jarang dijemur, kondisinya akan menjadi lembap sehingga menjadi sarang jamur dan bakteri. Kondisi tersebut akan semakin parah apabila di kamar terdapat AC atau humidifier.

Oleh karena itu, sebaiknya kita rajin menjemur perlengkapan tidur di bawah sinar matahari agar kelembapannya menguap.

Itulah 4 manfaat menjemur kasur dan bantal. Selain itu, kebersihan perlengkapan tidur juga wajib dilakukan dengan mengganti sprei dan sarung bantal secara berkala. Bila perlu, kamu bisa menggunakan jasa vakum kasur agar kebersihannya tetap terjaga.

Claudia