blank
Lapas Kelas 1 Semarang menggandeng awak media menggelar pelatihan jurnalistik yang dikemas dalam 'Ngobrol Asyik dan Santai' (Ngobras). Foto: Ning S

SEMARANG (SUABARU.ID) – Di era keterbukaan saat ini, kebutuhan informasi menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Tak terkecuali pada bidang-bidang pelayanan masyarakat.

Informasi tentang kegiatan atau aktivitas dalam suatu lembaga maupun instansi yang disebarluaskan secara efektif di berbagai media akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat.

Dalam mendukung penyebarluasan informasi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang menggandeng awak media menggelar pelatihan jurnalistik yang dikemas dalam ‘Ngobrol Asyik dan Santai’ (Ngobras).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Merdeka Lapas Semarang ini diikuti oleh sejumlah tim Humas Lapas Semarang dari berbagai bidang pelayanan.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), Supriyanto menyampaikan, pelatihan ini untuk membekali peserta khususnya tim Humas Lapas Semarang dalam penulisan jurnalistik dengan baik dan terstruktur.

“Tujuan pelatihan jurnalistik ini untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar jurnalistik, juga kemampuan untuk menulis dengan baik dan benar sesuai kode etik jurnalistik,” ungkap Supriyanto, Sabtu (23/9/2023).

Menurut Supriyanto, latihan ini juga untuk membekali peserta kemampuan membuat press release maupun opini.

Supriyanto mengatakan, kesempatan seperti ini sangat berharga sebagai upaya mengembangkan keterampilan jurnalistik untuk meningkatkan kinerja kedepannya.

“Pelatihan seperti ini bagus jika dilakukan berkesinambungan,” imbuhnya.

Dalam pelatihan sendiri dihadirkan dua pemateri dari media idntimes.com, Faris Fardiansyah dan dari Media Suarabaru.id, Ning Suparningsih.

Keduanya memberikan pembekalan terkait dasar-dasar jurnalistik, pengenalan dan pemahaman bahasa jurnalistik, teknik mencari ide dan penulisannya, teknik pengumpulan data dan press release.

Ning S