blank
Poster acara karnaval hari ini. DOk: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akan kembali menggelar Karnaval Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2023, Sabtu hari ini (9/9/2023).

Karnaval rencananya diikuti 1.945 peserta dan akan dimulai pukul 13.30 WIB. Sejumlah jalan protokol di Salatiga akan dilewati iring-iringan karnaval OMB 2023.

Rute selengkapnya adalah Kampus UKSW – Jalan Monginsidi – Jalan Kartini – Jalan Moh. Yamin – Jalan Langensuko (Samping Hotel Grand Wahid) – Jalan Jenderal Sudirman – Bundaran Salatiga – Jalan Diponegoro – dan kembali ke kampus UKSW.

Karnaval yang sudah menjadi agenda tahunan UKSW ini rencananya akan dihadiri oleh Pj. Wali Kota Salatiga Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, M.M., Rektor UKSW  Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., dan Ketua Panitia OMB Novriest Umbu Walangara Nau, S.Hub.Int., M.A.

Tema Parade Musik Nusantara “Feel Our Beat” diangkat dalam Karnaval OMB tahun ini. Menurut Novriest, makna “Beat” sendiri tidak terpaku pada musik saja atau irama dari sebuah lagu. Diungkapkannya, “Beat” merujuk kepada detak jantung sebagai lambang kehidupan sehingga makna secara keseluruhan dari “Feel Our Beat” adalah menyuarakan kekayaan budaya yang hidup untuk menghidupi.

Salah satu yang membedakan Karnaval OMB UKSW dengan karnaval lainnya adalah penampilan mahasiswa UKSW yang tergabung dalam Orkesblek Satya Wacana. Lagu-lagu daerah akan dimainkan kelompok ini untuk memeriahkan karnaval.

Tak hanya itu, puluhan kostum juga akan memeriahkan karnaval OMB.

Tahun ini ada 18 etnis yang akan mengikuti rangkaian karnaval, yaitu HIMPPAR (Himpunan Mahasiswa Pelajar Papua dan Papua Barat), IKS (Ikatan Keluarga Simalungun), KEMAMORA (Kerukunan Masyarakat Moloku Kie-Raha-Halmahera), KBBS (Keluarga Besar Bali Salatiga).

Kemudian HIPMMA (Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Maluku) PKMST (Persekutuan Keluarga Mahasiswa Siswa Toraja), RUMA SULTENG (Rukun Keluarga Mahasiswa Sulawesi Tengah), IKAONI (Ikatan Keluarga Ono Niha – Nias), HIMMASS (Himpunan Mahasiswa Sumatera Selatan Salatiga), IKMASJA (Ikatan Mahasiswa dan Siswa Jawa).

PARHOBAS (Parsadaan Horja Batak Toba Salatiga), PAMPAKAT (Perhimpunan Alumni, Mahasiswa dan Pelajar Kalimantan Tengah), HIMMASAL (Himpunan Mahasiswa Alor Salatiga), K’MPLANG (Komunitas Mahasiswa Perantauan Lampung), PORODISA (Paguyuban  Mahasiswa Talaud Se-DIY dan Jateng), PERWASUS (Persatuan Warga Sumba di Salatiga). IGMK (Ikatan Generasi Muda Karo), dan PERKKASA (Perhimpunan Keluarga Kalimantan Salatiga).

Lainnya juga akan tampil kelompok kesenian seperti Drumblek Generasi Muda Pancuran, Drumblek Gadalisa Kalicacing, Drumblek Siloam Army, Drumblek Guwo Tegalrejo, dan Drumblek Eklesia. Sebagai penutup barisan, karnaval OMB UKSW juga diisi dengan barisan Sapu Joget yang akan menjaga kebersihan jalan-jalan yang dilalui.

wied