blank
Bendera sepanjang 2,5 km diarak dalam kirab merah putih Desa Donorojo, Jepara. Foto: Kholifatun Maulintia Frjriati.

JEPARA (SUARABARU.ID) – LP Ma’arif Jepara mengadakan Kirab Merah Putih dan pengajian umum dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan di Lapangan Bandungharjo, Donorojo, Jepara, 7 September 2023.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa grup marching band, seperti Amsilati, Balekambang jepara, MCDU dan lainnya. Hadir juga dalam acara tersebut Habib Umar Muthohar dan Gus Muwafiq.

Acara di ikuti kurang lebih 10.000 perserta dari berbagai sekolah yang berada di bawah naungan Ma’arif Sekabupaten Jepara. Bendera Merah Putih sepanjang 2.5 km juga turut menghiasi acara kirab tersebut.

Acara Kirab Merah Putih tersebut dimulai dari pasar tanggulasi dan finish di lapangan Bandungharjo.

blank
Pelajar putri Ma’arif mengikuti kirab Merah Putih. Foto: Kholifatun Maulintia Frjriati.

“Semoga kumpulnya kita semua dinilai allah sebagai bentuk terimakasih kita kepada pahlawan perjuangan RI dan sebagai syukur kita kepada allah swt.” Ucap kyai Ahmad Marzuki Keluarga besar Sumiroto.

Sementara itu Pj Bupati Jepara Edi Supriyanta menyatakan sangat bangga dan senang dengan adanya kirab Merah Putih ini, bahkan banyak masyarakat yang hadir dan ikut memeriahkan. “Saya berharap kegiatan ini tetap rutin dilaksanakan dan tetap di budayakan,”ujar Edi Supriyanta.

Sedangkan ulama NU Gus Muwafiq juga menyatakannya kebanggaannya atas kegiatan ini. “Luar biasa yang menyelenggarakan acara ini, karena bisa mengumpulkan kyai dan habaib satu Jepara.” ujar Gus Muafiq

Warga juga menyambut gembira berlangsungnya kirab ini, dari berbagai kalangan hadir untuk menyaksikannya. ”Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan semakin meningkatkan rasa cinta tanah air,” ujar Firda salah satu peserta kirab.

Kholifatun Maulintia Fajriati-Mg