blank
Warga binaan lanjut usia secara rutin mengikuti Posyandu di Lapas Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang rutin menyelenggarakan kegiatan Posyandu untuk warga binaan kelompok rentan (lansia) yang dilaksanakan setiap hari Jum’at.

Bekerja sama dengan petugas kesehatan Puskesmas Ngaliyan, kegiatan Posyandu digelar di Aula Kunjungan Lapas Semarang, Jum’at (8/9/2023).

Warga binaan kelompok rentan lanjut usia ini mendapatkan pelayanan kesehatan dan pembinaan meliputi penyuluhan kesehatan, senam lansia serta screening pemeriksaan kesehatan dan gula darah. Sebanyak 40 warga binaan lansia Lapas Semarang dari berbagai blok mengikuti kegiatan tersebut.

Plh Kepala Lapas Semarang, Supriyanto menjelaskan, Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kepada kelompok rentan lanjut usia di Lapas Semarang.

“Ini adalah langkah kami dalam mendorong dan memfasilitasi lansia di dalam Lapas, untuk tetap aktif, produktif dan mandiri, serta meningkatkan komunikasi antara satu dengan yang lain,” kata Supriyanto.

Menurutnya, peran serta petugas sangat diperlukan dalam meningkatkan status kesehatan, khususnya terhadap kelompok rentan lanjut usia. “Kami berharap program ini bisa terus berjalan,” tandasnya.

Pada kesempatan ini petugas kesehatan Puskesmas Ngaliyan juga memberikan penyuluhan terkait gerakan masyarakat hidup sehat dan kesehatan geriatri (penanganan gangguan kesehatan).

Ning S