blank
Pembekalan 6 Pilar Harkamtibmas Wilayah Provinsi Jawa Tengah digelar di MAJT dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu 2024, Kamis (7/9/2023). (ist./doc.KPU)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemilihan Umum (Pemilu) yang diadakan pada 2024 diharapkan bisa berjalan lancar tanpa gangguan. Oleh karena itu, sinergitas kerja sama lintas sektor sangat diharapkan bisa berjalan bersama – sama

Hal tersebut seperti yang diutarakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Paulus Widiyantoro, saat Pembekalan 6 Pilar Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Kamis (7/9/2023).

“Tahun 2024 adalah tahun politik yang riuh dan ramai, potensi gangguan ketertiban dan ketentraman masyarakat meningkat, terkhusus mendekati hari pemungutan suara,” kata Paulus.

Dirinya lebih lanjut mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, Polri memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan jalannya Pemilu agar tahapan pemilu dapat berjalan dengan baik.

“Sangat penting keamanan seluruh jalannya pesta demokrasi ini tetap terjaga untuk menjadikan hasil dari Pemilu ini benar – benar lancar dan aman,” katanya.

Sinergitas Pengamanan

Sementara itu, Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka persiapan dan sinergitas Polri dalam pengamanan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

“Peran Polri sangat penting dalam kegiatan Pemilu ini, oleh karena itu kami menjamin semua proses pesta demokrasi ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan,” katanya.

Senada dengan Kapolda Jateng, Pj. Gubernur Jateng, Nana Sudjana, mengingatkan bahwa suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara Pemilu saja, (KPU, Bawaslu dan DKPP), akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama termasuk Pemerintah dan Pemerintah Desa.

“Perlu adanya sinergitas yang dibangun mulai dari Pemerintah, TNI-Polri, Penyelenggara Pemilu, Ormas, Insan Pers, Mahasiswa dan Masyarakat Umum untuk menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024,” katanya.

Kegiatan yang dibuka oleh Kapolda Jawa Tengah ini berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah dan dihadiri oleh Kapolsek, Camat, Kepala Desa, Babinsa serta Bhabinkamtibmas wilayah Polres Kota Semarang dan Polda Jateng.

Selain hadir secara langsung, kegiatan ini sendiri juga disaksikan secara daring oleh segenap pemangku kepentingan, seperti Bawaslu hingga KPU di tingkatan kabupaten / kota se Jateng.

Hery Priyono