blank
Lius Pongoh (kedua dari kanan), berfoto bersama panitia penyelenggara dan dua atlet para badminton, didampingi Yuni Kartika (kiri), yang mengawal acara jumpa pers. Foto: riyan

SOLO (SUARABARU.ID)– GOR Sritex Arena yang ada di Kota Solo, kembali digunakan sebagai ajang turnamen bulu tangkis internasional bertajuk ‘Fox’s Indonesia Para Badminton International 2023’, yang digelar Selasa-Minggu (5-10/9/2023) ini.

Sebanyak 131 atlet dari 16 negara, telah mendaftarkan diri guna memperebutkan gelar juara pada turnamen Grade 2 Level 3, dalam kalender federasi bulu tangkis dunia (BWF), melalui 22 nomor pertandingan, baik tunggal maupun ganda di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, hingga SS 6.

Tak hanya meraih gelar juara, ratusan atlet dari berbagai negara itu juga akan memperebutkan total hadiah sebesar 10 ribu dolar AS atau sekitar Rp 150 juta.

BACA JUGA: Data Juara Lomba Burung Berkicau Bupati Semarang Cup 1

Keberadaan prize money itu, menjadikan Fox’s Indonesia Para Badminton International 2023 ini, sebagai satu-satunya turnamen para badminton di dalam kalender BWF, yang memberikan reward kepada sang pemenang.

Selain itu, turnamen ini juga menjadi ajang bagi para atlet untuk mengumpulkan poin guna berlaga di Paralimpiade Paris, pada 2024 mendatang.

Adapun negara yang akan mengikuti event ini adalah Australia, India, Bangladesh, Indonesia, Iran, Kuwait, Kyrgyzstan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Timor Leste, dan Turki.

BACA JUGA: Sambut HUT Ke-68 Lalu Lintas, Polresta Magelang Memberikan Bantuan 20.000 Liter Air Bersih

Head of Corporate Affair PT Savoria Kreasi Rasa, Ryne Anggia Prawesti menuturkan, event ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan mengasah potensi diri. Kejuaraan ini juga untuk menyongsong hajatan olahraga disabilitas terbesar di dunia, yakni Paralimpiade Paris 2024.

”Sebuah kehormatan bagi kami, bisa kembali berpartisipasi di Fox’s Indonesia Para Badminton International 2023. Tahun ini kami mengusung tema yang sama dengan sebelumnya, ‘Sparkle Your Energy’. Karena kami yakin, para atlet ini dapat memberikan motivasi untuk kita semua,” ujar Ryne, saat sesi jumpa pers di Solo, Senin (4/9/2023).

Penyelenggaraan kejuaraan ini, juga tak lepas dari dukungan penuh Bakti Olahraga Djarum Foundation. Lius Pongoh, selaku perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation berharap, para atlet Indonesia dapat mempertahankan gelar juara umum yang diraihnya pada tahun lalu. Ketika itu, dari 18 kategori yang dipertandingkan, atlet-atlet Indonesia sukses menyabet 17 gelar juara.

BACA JUGA: Puluhan Warga Tolak Perpanjangan Izin Tower BTS

”Pada kejuaraan tahun lalu, atlet-atlet Indonesia tak hanya menang, tapi juga mampu meraih gelar juara umum. Sekarang tugasnya lebih berat, selain mempertahankan gelar juara umum, para atlet juga harus mengumpulkan poin, agar bisa berlaga di Paralimpiade Paris 2024,” ujar Lius menjelaskan.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana event ini menambahkan, para atlet telah berlatih sejak jauh-jauh hari, agar mampu memberikan penampilan optimal.

”Sejumlah kemenangan di ajang ASEAN Para Games beberapa bulan lalu, juga menjadi suntikan semangat tersendiri bagi para atlet, dalam berlaga di Fox’s Indonesia Para Badminton International 2023 ini,” tandas dia.

Riyan