blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Moisturizer pada dasarnya merupakan pelembap yang berfungsi untuk melembabkan kulit agar kulit terus terhidrasi dengan baik. Biasanya, moisturizer ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki tipe kulit kering, agar kulit terjaga kelembabannya.

Fungsi melembapkan dari moisturizer juga akan membuat kulit nampak glowing dan sehat dengan pemakaian rutin dan tepat.

Salah satunya yakni moisturizer serta day cream. Kamu mungkin tidak asing dengan kedua jenis produk ini. Pasalnya, salah satu tahapan penggunaan skincare, pastinya ada moisturizer atau day cream. Meski sekilas tampak sama, rupanya kedua produk ini memiliki perbedaan, lho. Melansir dari hellosehat.com, inilah perbedaan yang perlu kamu tahu agar tidak keliru ya.

1. Kandungan pelembap

Secara umum, ada tiga sifat utama yang ditemukan pada pelembab yakni humektan yang mampu menarik kadar air dan menyalurkannya ke kulit, emollient yang menjaga agar kulit senantiasa tetap lembab, lentur serta halus, serta occlusive yang memberikan lapisan minyak pada kulit.

Nah, day cream biasanya hanya memiliki humektan serta emollient. Hal ini terjadi karena agar penggunaannya tidak terlalu berat. Sebab, ketika siang hari kulit perlu dilindungi oleh sunscreen, belum lagi penggunaan make up yang membuat kulit memiliki layer yang semakin tebal serta berat.

Sedangkan untuk moisturizer, bekerja secara optimal untuk melembabkan kulit dengan gabungan ketiga sifat tadi, yakni humektan, emollient serta occlusive.

2. Manfaat

Manfaat dari keduanya tidak jauh berbeda. Produk day cream memiliki manfaat untuk melembabkan kulit serta bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, tak jarang sebagian besar produk day cream memiliki kandungan seperti sunscreen yang mencantumkan SPF.

Sedangkan, moisturizer tak selalu memiliki SPF. Moisturizer hanya memfokuskan untuk memberikan efek lembab pada kulit.

3. Bahan aktif

Perbedaan bahan aktif yang menyertai kedua produk ini terletak pada antioksidan. Kandungan antioksidan dari produk day cream biasanya adalah vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat seperti memberikan perlindungan kulit terhadap radikal bebas.

Sedangkan moisturizer memiliki bahan aktif lain seperti retinol yang mampu memperbaiki kerusakan kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi kemerahan, dan mengurangi garis halus di wajah.

4. Urutan pemakaian

Salah satu hal yang membingungkan dalam pemakaian skincare ialah urutan pemakaiannya. Salah satunya yakni pemakaian day cream serta moisturizer. Day cream digunakan sebelum pemakaian sunscreen. Meskipun day cream sebagian besar memiliki kandungan SPF, namun perlindungan terhadap sinar matahari belum cukup optimal. Oleh sebab itu, setelah mengaplikasikan day cream di wajah, hendaknya memakai produk sunscreen.

Sementara moisturizer, disarankan penggunaannya pada saat malam hari. Moisturizer digunakan pada rangkaian terakhir yang berguna untuk mengunci penggunaan toner serta serum.

Itulah perbedaan yang patut diketahui antara moisturizer serta day cream. Meski sama-sama melembabkan, pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu ya mengenai perbedaannya agar produk mampu bekerja optimal di kulit. Semoga bermanfaat.

Claudia