blank
Pemaparan percontohan akuaponik di Desa Puron. Foto: : Dokumentasi Tim KKN Undip

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – KKN Tim II Undip 2022/2023 telah melaksanakan program kerja multidisiplin yaitu demonstrasi akuaponik bersama masyarakat sebagai upaya pencegahan stunting di Desa Puron, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo (04/08).

Demonstrasi akuaponik ini berdasarkan pengamatan mahasiswa di Desa Puron di mana masyarakat desa gencar berupaya mencegah stunting yang menyebabkan keresahan tersendiri bagi warga sekitar.

Naufal, Ketua KKN Tim II Undip, Desa Puron, Bulu Sukoharjo mengatakan, pelaksanaan program kerja berlangsung pada Jumat 04 Agustus 2023 di belakang Toko Etik Tiga Putra milik Lurah Desa Puron.

”Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Desa Puron sebanyak 20 orang yang terdiri atas perangkat desa, ibu-ibu PKK, warga sekitar, dan pemuda Karang Taruna,” ujar Naufal.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Puron mengenai alternatif untuk pemenuhan gizi baik bagi keluarga untuk mencegah stunting melalui demonstrasi akuaponik secara langsung.

Akuakultur dan Hidroponik

”Akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan mengombinasikan akuakultur (budi daya ikan) dengan hidroponik (penanaman tanaman dalam air tanpa adanya tanah). Akuaponik yang dibuat oleh mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro adalah perpaduan dari budi daya lele, hidroponik, dan ayam petelur,” kata Naufal.

Ayam petelur mendapatkan makan dari pembudi daya, ikan lele dari sisa-sisa makanan ayam petelur tersebut yang jatuh, serta sayuran mendapatkan sumber makanan dari sisa pakan lele dan kotoran ikan yang telah terurai untuk sintesis protein makanan.