blank
Ganjar saat menaiki mobil listrik, menuju tribun utama guna melakukan pembukaan secara resmi Porprov XVI/2023, di Stadion Joyokusumo, Pati, Sabtu (5/8/2023). Foto: riyan

PATI (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara resmi membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI/2023, di Stadion Joyokusumo, Kabupaten Pati, Sabtu (5/8/2023). Dengan melepaskan anak panah Cakra dari busur yang dia bawa.

Dalam acara pembukaan itu, Ganjar didampingi Wagub Taj Yasin Maimoen, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, Bupati dan Wali Kota dari 35 Kabupaten/Kota di Jateng, Forkompimda serta sejumlah pejabat daerah setempat.

Saat memasuki tribun utama, Ganjar menaiki mobil listrik buatan mahasiswa Udinus, Semarang, diiringi ratusan penari mengenakan seragam merah putih.

BACA JUGA: Rektor: USM Siap Berkolaborasi dengan Kecamatan Gunungpati 

Sebelum acara pembukaan, diawali beberapa penampilan kesenian daerah, tarian serta nyanyian. Ada pula marching band dari Pondok Pesantren Salafiah Kabupaten Kendal dan puncak acara pembukaan yakni penyalaan api di kaldron oleh mantan atlet atletik asal Pati, Rumini.

”Saya berharap penyelenggaran Porprov XVI/2023 di wilayah Pati Raya ini, bisa menginspirasi para atlet, untuk lebih tinggi dalam berprestasi. Jaga selalu sportivitas,” kata Ganjar dalam sambutannya.

Sementara itu, Mayjend Andre Sutarno selaku Wakil Ketua Umum III KONI Pusat yang mewakili Ketum KONI Pusat Letjend Marciano Norman mentakan, pihaknya memberikan apresiasi atas terselenggaranya multi event empat tahunan ini.

BACA JUGA: Bantu Cegah Stunting, Mahasiswa KKN Undip Demonstrasikan Akuaponik Skala Rumah Tangga

blank
Tarian kolosan yang diperagakan sejumlah pelajar di Kabupaten Pati, mengawali acara pembukaan. Foto: riyan

”Dengan adanya Porprov ini, Jateng bisa mulai membidik atlet yang akan disiapkan untuk terjun di ajang PON Aceh-Medan pada 2024 mendatang,” ungkap dia

Sedangkan Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, yang juga sebagai Ketua Panitia PB Porprov XVI/2023 menyatakan, event ini terselenggara berkat dukungan semua pihak.

”Porprov kali ini digelar di enam kabupaten, masing-masing, Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan. Semoga penyelenggaraan kali ini bisa menaikkan prestasi olahraga Jateng secara umum,” harapnya.

BACA JUGA: Menguji Nyali dan Taji Para Penjaga Kawasan Konservasi Karimunjawa

Di akhir acara pembukaan, dilakukan penyalaan api di kaldron oleh lima mantan atlet kebanggan Jateng. Dan sebagai penyulut obor api abadi di kaldron, dilakukan Dr Rumini, mantan atlet atletik asal Kabupaten Pati

Penampilan Band Cokelat serta Duo Achmad Albar-Ian Antono menjadi pengisi panggung hiburan di akhir acara.

Riyan