blank
Perwakilan KONI Kabupaten/Kota Semarang Raya, menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Porprov XVII/2026 mendatang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– KONI Jawa Tengah langsung bergerak cepat, dengan menetapkan calon tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII pada 2026 mendatang.

Kepastian calon tuan rumah Porprov XVII/2026 memang harus segera diketahui, berkaitan dengan pelaksanaan upacara penutupan Porprov XVI/2024 di Jepara, pada 11 Agustus mendatang. Hal ini terkait dengan penyerahan bendera kepada calon tuan rumah berikutnya.

”Pasal 40 ayat (5) Peraturan Ketua Umum KONI Jateng No 1 tahun 2022 tentang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), yakni adanya serah terima bendera Porprov (2026). Atas dasar aturan itulah, yang mendasari KONI Jateng harus bergerak cepat,” kata Ketua Bidang Hukum KONI Jateng, Ali Purnomo, dalam pertemuan yang digelar KONI Jateng, di Hotel Grasia, Semarang, Rabu (26/7/2023).

BACA JUGA: HMJA USM Gelar Talkshow Action 2023

Dalam pertemuan antara KONI Jateng dengan calon tuan rumah, hadir Sekretaris Umum KONI Kota Semarang Teguh Setiono, S Wwahyu Widayanto (Sekum KONI Kendal), Yudo Astiko (Sekum KONI Demak) dan Okta Kambuno (KONI Salatiga). Adapun KONI Kabupaten Semarang absen dalam pertemuan itu.

Acara yang dibuka Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana itu, hadir juga Ketua Harian Bambang Rahardjo Munadjat yang sekaligus Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Tuan Rumah, Wakil Ketua Umum II dan V Soedjatmiko dan Sudarsono, serta Kabid Organisasi Joko Priyono.

Dalam keterangannya, Bona mengungkapkan, sejak September 2022, usai Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jateng, hanya KONI dari Semarang Raya yang secara resmi mengajukan permohonan secara tertulis.

BACA JUGA: Polres Kendal Menunggu Hasil Autopsi dan Sudah Memeriksa 18 Saksi

”KONI lainnya, seperti Pekalongan Raya hanya wacana. Jadi tidak salah kalau KONI kemudian menindaklanjuti dengan memanggil KONI dari Semarang Raya,” katanya.

Dari hasil pertemuan itu, diketahui empat KONI di Semarang Raya sudah siap menjadi tuan rumah Porprov XVII/2026. Kesiapan itu diwujudkan dengan adanya surat dukungan dari kepala daerah dan DPRD masing-masing kota/kabupaten.

”Kota Semarang, sebagai Ibu Kota Provinsi Jateng, sudah siap. DPRD dalam hal ini Komisi D dan Pemkot, sudah memberi dukungan,” kata Sekum KONI Kota Semarang, Teguh Setiyono.

BACA JUGA: Bea Cukai Jateng dan DIY Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 11 Miliar

Sekum KONI Demak, Yudo Astiko menyebut, daerahnya minimal siap untuk menggelar lima cabang olahraga. Sedangkan Okta Kambuno (KONI Salatiga), bahkan sudah mengusulkan agar Porprov XVII/2026 bisa mempertandingkan 60 cabang olahraga. Sekum KONI Kendal Wahyu Widayanto pun juga menyebut, daerahnya sangat antusias menjadi tuan rumah.

Atas keseriusan empat KONI itu, Bambang HW, sapaan akrab Bambang Rahardjo, merasa gembira. Dia bersama tim dan pengurus KONI Jateng, akan mendekati KONI Kabupaten Semarang, untuk bergabung menjadi tuan rumah.

”Kalau tanpa Kabupaten Semarang, rasanya kurang pas kalau disebut Porprov XVII/2026 di Semarang Raya,” tukas dia.

Sigit PR