Mungkin banyak yang beranggapan bahwa Umbul Sidomukti hanya ada kolam renang, hotel, dan resto atau tempat ngopi. Ternyata, di ujung di lereng Ungaran, tersedia lahan di antara hutan pinus, untuk berkemah.

Ada beberapa lokasi perkemahan di Kawasan Umbul Sidmukti, di antaranya adalah Mawar Camp Area yang ada di jalur pendakian Gunung Ungaran. Lokasinya berada di Jalan Gua Jepang Km 5 Sidomukti, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Di sini Mawar Camp Area ini, pengunjung bisa merasakan kesejukan udara gunung, dengan pemandangan hutan pinus dan Gunung Ungaran, kemudian di sisi bawah ada jurang dalam dan Kawasan dataran di kejauhan sayup-sayup tampak Rawapening, dan sekitarnya.

blank
Menyanyi di depan tenda tempat kita berkemah, mengisi wktu sebelum malam tiba.. Foto: Widiyartono R.

Sekali lagi, kemah sekarang tidak serepot kemah Pramuka zaman dulu. Harus bawa kompor buat masak, cari kayu buat api unggun, bawa tikar, lalu cangkul untuk membuat saluran agar air tidak masuk tenda saat hujan.

Berkemah di sini tidak banyak repot. Bahkan secara ekstrem, datang bawa badan, sudah bisa kemah. Tenda sudah tersedia dengan fasilitas komplet, ada alas tidur, sleeping bag, bahkan kalau ingin aliran listrik juga tersedia.

Untuk masak, juga bisa minta fasilitas kompor. Untuk kebutuhan air, sangat memadai, ada kamat mandi yang sangat layak. Perlengkapan kegiatan kemah disediakan Mawar Camp Area. Tentu saja ada harganya untuk tiap tambahan item.

Tinggal Masuk

Kawasan Umbul Sidomukti memang sudah cukup dikenal, sehingga akses menuju ke sana cukup mudah. Jalan masuknya mulai dari depan Pasar Jimbaran, kini jalannya sudah cukup bagus dan lebih lebar dari sebelumnya.