blank
Suasana para peserta kemah di depan perkemahan di Camp Mawar, Umbul Sidomukti Bandungan. Foto: Widiyartono R.

BERKEMAH atau camping sepertinya sangat dekat dengan Pramuka. Hampir semua orang yang pernah sekolah (di Indonesia) ada kegiatan Pramuka. Dan, Pramuka selalu ada kegiatan berkemah atau camping.

Tetapi sebenarnya, berkemah bukan hanya dilakukan oleh Pramuka. Ada kemah seniman, ada kemah budaya, dan perkemahan yang dilakukan oleh orang atau kelompok orang dari berbagai komunitas. Terlebih lagi pencinta alam pasti tidak lepas dari kegiatan kemah.

Maka kini banyak penyedia sarana dan prasaran untuk berkemah. Bukan sekadar camping ground atau bumi perkemahan pada zaman dulu. Hanya ada lahan, kemudian segala peralatannya disediakan oleh mereka yang berkemah.

Berbeda dengan sekarang, banyak pelaku pariwisata yang melengkapi fasilitasnya dengan tempat berkemah.

Mereka punya tempat wisata, misalnya taman rekreasi, kolam renang, kafe, resto bahkan hotel. Tetapi mereka melengkapinya dengan perkemahan yang fasilitasnya lengkap dari tenda, selimut tidur, bahkan kompor, listrik, api unggun.

Lereng Ungaran

Bagi yang suka berkemah atau ingin mengulang romantisme berkemah saat sekolah, saat menjadi anggota Pramuka, bisa meluangkan waktunya untuk berkemah di kawasan Umbul Sidomukti di lereng Gunung Ungaran.