Ganjar melambaikan tangan menyapa ribuan ketua RT di Ngawi, yang mendukungnya untuk maju dalam pencapresan pada 2024 mendatang. Foto: hms

NGAWI (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memberikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan ribuan ketua RT dari Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, yang tergabung dalam Barisan RT (Baret). Para ketua RT itu mendukungnya untuk maju dalam pencapresan pada 2024 mendatang.

Hal itu dia sampaikan, usai menyaksikan deklarasi Baret yang dilakukan di GOR Bung Hatta, Ngawi, Minggu (16/7/2024) malam. Ganjar berharap, masing-masing ketua RT tetap kompak, sebagai ujung tombak pemerintahan di level terbawah.

”Saya sampaikan terima kasih. Ini sesuatu yang luar biasa, karena baru kali ini saya melihat ketua RT kompaknya seperti ini. Ini kelas RT lho, tapi luar biasa meriah,” ucapnya, disambut tepuk tangan para ketua RT se-Ngawi dengan semangat.

BACA JUGA: Situs Candi Lumbung Sengi, Peninggalan Sejarah Unik yang Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Ketua RT, lanjutnya, memilki tugas sangat berat. Sebab, setiap kali masyarakat menghadapi persoalan, larinya ke ketua RT. Sebagai perwakilan pemerintah yang bersinggungan langsung dengan rakyat, ketua RT menjadi andalan dalam berbagai persoalan.

”Saya tahu, karena bapak saya dulu juga ketua RT. Ada kehilangan lapor ketua RT, ada sampah numpuk lapor ketua RT. Bahkan, ada suami hilang lapornya juga ke ketua RT,” candanya.

Namun di tengah kompleksnya tugas sebagai ketua RT, ada semangat dan kontribusi sangat besar yang bisa diberikan. Untuk itu, Ganjar menitipkan pesan pada semua ketua RT, agar terlibat aktif dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

BACA JUGA: Pemutakhiran Data Tapera Kota Magelang Terbaik Kedua se Indonesia

Di atas panggung, Ganjar menyampaikan apresiasi dan harapannya pada Baret se-Ngawi, untuk tetap kompak. Foto: hms

”Kita mesti merukunkan tetangga, tidak boleh bersitegang meski beda pilihan. Bantu pemerintah menyelesaikan persoalan stunting, dan terus berkreasi dan berinovasi untuk menyejahterakan masyarakatnya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Baret Ngawi, Bram dengan tegas menyebutkan, pihaknya siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Saat Ganjar dan istrinya Siti Atikoh, tiba sekitar pukul 19.30 WIB, Baret terlihat antusias menyambut kehadirannya.

”Kami yakin Pak Ganjar mampu melanjutkan apa yang telah dilakukan para pendahulu. Kami yakin, Pak Ganjar mampu melanjutkan program-program baik yang telah dilakukan Pak Jokowi. Untuk itu, kami siap memenangkan Pak Ganjar,” imbuh Bram.

BACA JUGA: Mahasiswa yang Menjalani KKNT Menggelar KUKIS di Jatipurno Wonogiri

Dia juga menyampaikan sejumlah harapan kepada Ganjar. Di antaranya mengenai kesejahteraan ketua RT, yang selama ini belum banyak diperhatikan.

”Kami harap ke depan kesejahteraan ketua RT diperhatikan. Karena kami ini yang berada di garda terdepan. Setiap permasalahan di warga, ketua RT harus selalu hadir untuk menyelesaikan,” pintanya.

Riyan