Pejabat Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro (kiri), memimpin Rakor Sub PB Porprov Jateng XVI/2023, di Ruang Pragola, Setda Kabupaten Pati, Jumat (14/7/2023). Foto: spr

PATI (SUARABARU.ID)– Pejabat Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro berharap, momen Porprov XVI/2023 di Pati Raya, tidak hanya menjadi gaung saja. Namun benar-benar menarik serta dapat memberikan manfaat, khususnya meningkatkan prestasi atlet dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

Harapan itu disampaikannya, ketika memimpin Rakor Sub PB Porprov Jateng XVI/2023 Kabupaten Pati, bersama Event Organizer, di Ruang Pragola, Setda Kabupaten Pati, Jumat (14/7/2023).

Menurut Henggar, Pati Raya selaku tuan rumah Porprov tahun ini, paling tidak dapat menyerap peluang dan potensi dari ajang olahraga multi event empat tahun sekali ini.

BACA JUGA: Pornas Korpri XVI/2023 Berdampak ‘Multiplier Effect’, Ini Penjelasannya

”Ajang olahraga multi event yang digelar Agustus mendatang ini, semoga dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat. Segala peluang dari arena ini dapat kita tangkap potensinya,” harapnya.

Terkait dengan upacara pembukaan Porprov XVI/2023, yang dipusatkan di Stadion Joyokusumo, Dia minta hendaknya memperhatikan durasi waktu. Artinya, jangan sampai waktunya terbuang sia-sia.

”Kami minta saat Opening Ceremony Porprov, panpel dapat menghitung waktu dari sesi satu ke sesi yang lain. Ini penting, agar acara tidak membosankan, dan kita juga harus disiplin soal waktu,” tutur Henggar mengingatkan.

BACA JUGA: Melestarikan Budaya Kudus Lewat ‘The Beauty of Caping Kalo’

Pada bagian lain disampaikan juga, venue atau tempat pertandingan, khususnya yang digelar di Kabupaten Pati, semuanya sudah siap untuk 12 cabor. Termasuk di antaranya menyangkut keamanan, parkir, tempat untuk UMKM, sarana kesehatan dan pemasangan baliho.

Sementara itu, Denny Putra, selaku Event Organizer menyatakan, Opening Ceremony Porprov XVI/2023 dipusatkan di Stadion Joyokusumo. Saat ini pihaknya terus melakukan berbagai persiapan.

Dia menyebut, sesuai dengan jadwal upacara pembukaan pada Sabtu (5/8/2023), Open Gate siap dimulai pukul 16.00 WIB. Sebelum acara dimulai, atau sore harinya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beserta Ketua KONI se-Jateng, unsur pimpinan Forkopimda Jateng, akan transit di Pendapa Kabupaten Pati.

BACA JUGA: Perkemahan CAI LDII, Membangun Generasi Cinta Tanah Air

Dijelaskan Denny, dalam upacara pembukaan akan disajikan berbagai atraksi menarik, antara lain penampilan kolosal ratusan penari Cikgongsir, marching band, pemutaran video Porprov Jateng XVI/2023, defile kontingen, penyulutan api porprov oleh mantan atlet Nasional asal Kabupaten Pati, Rumini, dan penampilan band Cokelat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat, menyoroti tentang parkir, khususnya di sekitar Stadion Joyokusumo, saat upacara pembukaan nanti.

”Saya mohon kawan-kawan Dishub dapat mengatur penempatan parkir kendaraan, agar terlihat rapi. Serta pentingnya kesiapan petugas kesehatan, yang barangkali ada yang pingsan, baik dari unsur petugas Open Ceremony maupun dari penonton,” ujar Bambang.

Rakor Sub PB Porprov Jateng XVI/2023 Kabupaten Pati bersama EO ini, dihadiri pula Sekda Kabupaten Pati Jumani, perwakilan TNI/Polri, Seksi Upacara PB Porprov, serta seluruh unsur Sub PB Porprov Kabupaten Pati dan OPD terkait.

Sigit PR