Upacara pembukaan Perkemahan Akhir Tahun Ajaran (PERMATA) Ke-44 yang dikemas dengan tajuk Permata CAI (Cinta Alam Indonesia) LDII, ditandai dengan pemukulan gong.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, menggelar Perkemahan Akhir Tahun Ajaran (PERMATA). Kegiatan Ke-44 ini, dikemas dengan tajuk Permata CAI (Cinta Alam Indonesia), dengan tema: ”Membangun Generasi Cinta Tanah Air dan Peduli Lingkungan.”

Tokoh penggiat lingkungan, Tarmin, semalam, mengabarkan, acara ini akan digelar sampai dengan Tanggal 16 Juli 2023 besok. Mengambil tempat di Bumi Perkemahan Samaharjo, Sananan, Desa Mangunharjo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Perkemahan ini diikuti oleh 240 peserta, berasal dari masing-masing TPQ LDII se-Kecamatan Jatipurno. Selama mengikuti perkemahan, mereka menempati 40 tenda yang telah disiapkan oleh panitia.

Dalam perkemahan tersebut, juga digelar Bazar Remaja. Melalui bazar, para peserta diberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan wirausaha mereka, dalam upaya memberikan pelatihan dan pembimbingan akan kemandirian dan pengembangan kreativitas serta keterampilan wirausaha.

Ketua PC LDII Jatipurno, H Suyoto, dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur dan banggaan atas terselenggaranya acara pekemahan CAI ini. Ia menjelaskan, perkemahan ini bertujuan untuk mewujudkan generasi penerus yang mencintai Tanah Air. Juga membina dan melatih peserta agar menjadi generasi yang alim faqih, berakhlaqul karimah dan mandiri. Yakni dengan memberikan keterampilan life skill kepada peserta.

Pencak Silat

Hadir dalam upacara pembukaan, Anggota DPRD Wonogiri dari Fraksi PDI Perjuangan, jajaran Forkompimcam, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Dewan Penasehat DPD LDII Kabupaten Wonogiri, Dewan Penasehat Pimpinan Cabang LDII Kecamatan Jatipurno, Dewan Penasehat Pimpinan Anak Cabang LDII se-Kecamatan Jatipurno, serta Kepala Desa (Kades) Mangunharjo, Sularto.

Untuk memeriahkan acara pembukaan, pemuda LDII tampil menyajikan atraksi seni bela diri Pencak Silat Persinas ASAD. Yakni mendemonstrasikan kepiawaian dan kemahiran dengan menyuguhkan beragama jurus dan atraksi perkelahian.

Ikut hadir memberikan sambutan Camat Jatipurno, Mawan Tri Hananto. Kepada semua peserta, diseru untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, agar mampu menyerap materi kegiatan untuk bekal kehidupan sehari-hari.

Acara pembukaan ditandai pemukulan gong, dirangkai dengan penanaman pohon, untuk tujuan agar dapat menginspirasi peserta dan meningkatkan kesadaran dalam rangka peduli membangun masyarakat berbudaya lingkungan.
Bambang Pur