Ganjar hadir bersama Siti Atikoh, saat pembukaan Pornas Korpri XVI/2023 di GOR Indoor, Kompleks Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (14/7/2023) malam. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, event Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) XVI/2023, diharapkan mampu membawa dampak multiplier effect, untuk mengungkit ekonomi dan wisata pascapandemi covid-19.

Ajang yang diikuti 6.000 atlet dan ofisial ASN, dari 101 kontingen asal 38 provinsi dan kementerian lembaga ini, resmi dibuka Gubernur Jateng selaku tuan rumah, di GOR Indoor, Kompleks Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (14/7/2023) malam.

Hadir dalam acara ini, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi dan Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakhrulloh.

BACA JUGA: Melestarikan Budaya Kudus Lewat ‘The Beauty of Caping Kalo’

Menurut Ganjar, selain menyehatkan, ajang ini juga membawa dampak ikutan yang bermanfaat bagi warga sekitar. Terutama untuk mengungkit bangkitnya roda ekonomi dan pariwisata.

Oleh karenanya, Dia mewanti-wanti seluruh jajarannya di Pemprov Jateng, untuk melayani dengan baik, para atlet dan ofisial dari seluruh negeri. Ganjar pun mempersilakan peserta Pornas Korpri XVI/2023 mengadu, bila ada layanan yang tidak maksimal.

”Kalau lah ada yang kurang pas, tolong ditelpon biar kami belajar melayani bapak-ibu sekalian. Tugas kami sebagai tuan rumah melayani, maka kami tawarkan tempat destinasi, tempat kuliner, agar kawan-kawan yang hari ini kumpul di Kota Semarang kerasan, terhibur, dan kompetisi bisa menyenangkan,” ujar Ganjar.

BACA JUGA: Perkemahan CAI LDII, Membangun Generasi Cinta Tanah Air

Ganjar (kanan), bersama MenPAN RB Abdullah Azwar Anas (tengah), membuka secara resmi event Pornas Korpri XVI/2023 di Jateng. Foto: hms

Pria berambut putih itu juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik di sekitar Kota Semarang. Misalnya di wilayah Solo Raya dan Magelang.

”Selama di Jateng, kami akan senang menemani bapak-ibu ke manapun mau belanja. Jadi tolong uangnya jangan disayang-sayang, disimpan. Di sini ada kuliner, jajanan dan wisata. Kalau mau keluar dari Semarang, ada Solo Raya dan Magelang,” imbuhnya.

Sementara itu, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Provinsi Jateng sebagai penyelenggara Pornas Korpri XVI/2023. Selain ajang dengan peserta terbanyak, juga seluruh perwakilan provinsi hadir, plus kementerian dan lembaga.

BACA JUGA: Ini Empat Desa Lunas PBB Tercepat di Jepara

”Kami mengapresiasi Pemprov Jateng, ini penyelenggaraan paling ramai. Jateng jadi magnet, karena tadi saat mampir di tempat kuliner, penuh orang dari berbagai kontingen Pornas,” paparnya.

Sedangkan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap, ajang ini membuahkan multiplier effect. Oleh karenanya, dia sudah memerintahkan jajarannya melayani para kontingen dengan prima, hingga event ini berakhir pada Jumat (21/7/2023).

”Multiplier effect-nya luar biasa. Karena ada 6.000 atlet dan ofisial serta pelatih, belum penggembiranya. Harapannya, ketika selesai acara bisa perpanjang stay di Semarang,” urainya.

BACA JUGA: Pegiat KB di Blora Sabet 5 Penghargaan Bidang Keluarga Berencana Tingkat Jateng

Hevearita berharap, peserta ajang ini tak segan menyampaikan kritik, jika ada layanan yang kurang prima.

”Tentunya banyak destinasi wisata yang disiapkan, termasuk kuliner. Oleh karenanya kami sampaikan ke camat, lurah, untuk membuat wilayahnya nyaman, bersih, harga kuliner jangan mremo (menaikkan harga-red). Bila ditemukan hal tak mengenakkan, segera beritahu, sehingga para tamu nyaman di Semarang,” pungkasnya.

Seperti diketahui Pornas Korpri XVI/2023 digelar di Jateng, dan melibatkan 6.000 atlet serta ofisial. Ajang ini diikuti 101 kontingen dari 63 lembaga/kementerian serta 38 provinsi. Untuk medali yang diperebutkan sejumlah 54 medali emas, 54 perak dan 71 perunggu.

Riyan