blank
WSali Kota dr. Muchamad Nur Aziz saat bertemu dengan kepala sekolah SD dan SMP se Kota Magelang. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kepala sekolah diminta turut andil membangun karakter siswa melalui inovasi-inovasi. Selain itu, juga diminta tidak membebani orang tua/wali murid dengan berbagai pungutan.

Permintaan itu disampaikan Wali Kota dr. Muhamad Nur Aziz saat bertatap muka dengan kepala sekolah SD dan SMP se Kota Magelang di Pendapa Pengabdian, kemarin.

‘’Pada pertemuan ini saya tekankan pada pembentukan karakter pendidikan khususnya di Kota Magelang, sehingga menghasilkan karakter yang baik. Selain itu, kepala sekolah harus mempunyai inovasi, tidak monoton, lakukan perubahan dan jangan sampai membebani orangtua/wali murid. Karena tidak semua ekonomi orangtua sama,’’ ungkap Aziz yang juga berprofesi dokter spesialias penyakit dalam.

Dia menerangkan, karakter anak yang baik di antaranya karakter yang mempunyai keberanian. Kalau salah mengakui salah dan tidak mempunyai sifat pendendam. Anak-anak perlu diajak berinovasi, kreatif dan belajar berkompetisi secara sehat karena tantangan ke depan lebih kompleks.

Terlebih, lanjjut wali kota, sejauh ini Kota Magelang terkenal dan terbukti memiliki mutu pendidikan yang bagus, bahkan bisa bersaing dengan daerah lain. Hal itu harus dipertahankan.

‘’Kota Magelang dikenal mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang cukup baik, bisa bersaing. Ini harus dipertahankan. Mutu pendidikan harus ditingkatkan,’’ pinta Azis.

Dia mengakui ada beberapa persoalan yang perlu diselesaikan secara bersama lintas sektor. Contohnya, masalah anak tidak sekolah (ATS) yang ternyata ada 55 anak di Kota Magelang. Menurut laporan dari 55 ATS itu, ada yang putus sekolah karena hamil di luar nikah.

“Ada 55 ATS mudah-mudahan selesai tahun ini. Untuk yang hamil di luar nikah, akan kita kaji. Kalau sudah melahirkan (bisa) sekolah lagi. Nanti akan dibantu, konseling dulu, lalu kita selesaikan secara tim, tidak sendiri. Kalau pun masuk sekolah lagi nanti mungkin pindah sekolah,’’ terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang Imam Baihaqi menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan wadah komunikasi antara Wali Kota Magelang dengan kepala sekolah.

Hal-hal yang dikomunikasikan di antaranya terkait dengan pengaruh handphone (HP) terhadap karakter anak.

‘’Pertama kaitannya dengan HP dan karakter anak. Saat ini HP mempengaruhi karakter anak. Kemudian bagaimana pengaruhnya kalau pakai HP atau tidak pakai HP saat pembelajaran dan sebagainya,’’ ujar Imam.

Senada dengan wali kota, Imam Baihaqi mengatakan, permasalahan ATS yang ada di Kota Magelang perlu penanganan lintas sektor/OPD, tergantung penyebabnya.

Jika karena motivasi, maka ditangani oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB). Selanjutnya, jika dikarenakan masalah ekonomi maka ditangani oleh Dinas Sosial (Dinsos)

‘’Kita ada tim penanganan ATS. Persoalan ini memang sebaiknya diselesaikan bersama, tidak hanya Dinas Pendidikan saja, tapi juga Dispora, Dinsos, DP4KB dan lainnya,’’ kata Imam.

Dia menyebutkan, ada 55 ATS di wilayah ini, namun beberapa sudah diselesaikan. Faktor yang menyebabkan ATS rata-rata karena motivasi, masalah keluarga, sudah bekerja, disabilitas yang perlu penanganan khusus dan sebagainya. (pemkotmgl)