blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Minyak kayu putih merupakan minyak yang dihasilkan dari pohon kayu putih atau dengan nama lain Melaleuca leucadendra melalui proses penyulingan uap. Salah satu manfaat minyak kayu putih adalah digunakan sebagai obat. Bagi masyarakat Indonesia, minyak kayu putih sudah digunakan sejak dulu.

Minyak kayu putih dihasilkan dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih yang merupakan metabolit sekunder yang dihasilkan oleh pohon tersebut. Minyak atsiri ini dipakai sebagai minyak pengobatan, dapat dikonsumsi per oral atau, lebih umum, dibalurkan ke bagian tubuh.

Selain untuk mengatasi batuk dan pilek, sifat anti radang dan antioksidan minyak kayu putih juga dipercaya dapat mengatasi asma, sinusitis dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). Kandungan sineol yang memberikan sensasi hangat juga dapat membantu untuk meredakan rasa sakit kepala.

Baca Juga: Terkenal dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Pepaya

Minyak Kayu Putih ini memiliki kandungan senyawa 1,8-sineol dengan karakteristik segar, aroma camphor dan rasa pedas yang memiliki bioaktivitas yang banyak manfaatnya.

Ternyata, minyak kayu putih juga memiliki sejumlah manfaat yang tak terduga untuk rambut. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Minyak kayu putih kaya akan senyawa antimikroba dan antiinflamasi yang membantu menjaga kulit kepala sehat. Dengan menerapkan minyak kayu putih secara teratur, Anda dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan mengurangi kerontokan rambut.

Baca Juga: Taukah Kamu Biji Pepaya Memiliki Banyak Manfaat? Yuk Simak…

2. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah masalah umum yang seringkali menjadi sumber rasa malu. Berkat sifat antijamur minyak kayu putih, ia dapat membantu menghilangkan ketombe dan mengurangi gatal-gatal pada kulit kepala. Oleskan minyak kayu putih pada kulit kepala Anda sebelum mandi dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

3. Melembapkan Rambut Kering

Jika Anda memiliki rambut kering dan kusam, minyak kayu putih dapat menjadi solusi alami. Kandungan nutrisi yang tinggi dalam minyak ini membantu melembapkan rambut dan membuatnya terasa lebih lembut dan berkilau. Oleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada ujung rambut Anda setelah keramas, atau tambahkan beberapa tetes ke sampo atau kondisioner Anda untuk manfaat tambahan.

4. Mencegah Rambut Bercabang

Ujung rambut bercabang adalah masalah umum yang sering kali membuat rambut terlihat kusam dan tidak sehat. Minyak kayu putih dapat membantu mengatasi masalah ini. Dengan mengaplikasikan sedikit minyak kayu putih pada ujung rambut Anda, Anda dapat menjaga kelembapan dan elastisitasnya, sehingga mengurangi risiko ujung rambut bercabang.

Baca Juga:Ini Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Simak!

5. Melindungi Warna Alami Rambut

Paparan sinar matahari dan penggunaan produk kimia dapat membuat warna rambut Anda memudar. Minyak kayu putih dapat membantu melindungi warna rambut alami Anda. Oleskan minyak kayu putih pada rambut Anda sebelum berenang atau menggunakan alat pengering rambut untuk melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan panas.

6. Melindungi Kulit Kepala yang Sensitif

Kulit kepala yang sensitif seringkali mengalami rasa gatal dan iritasi. Minyak kayu putih memiliki sifat yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pada kulit kepala sensitif. Gunakan minyak kayu putih sebagai bahan utama dalam masker rambut alami Anda untuk mengurangi peradangan dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

Setelah mengetahui manfaat minyak kayu putih segera aplikasikan secara teratur agar rambut sehat. Itulah tadi 6 Manfaat kayu putih bagi kesehatan rambut.

Claudia