blank
Ketum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana (kiri) dan Kajati Jateng I Made Suarnawan, menunjukkan hasil penandatanganan MoU, terkait penggunaan anggaran untuk pelaksanaan Porprov XVI/2023 di Pati Raya. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana mengatakan, pihaknya berpesan pada tuan rumah Porprov XVI/2023 yang digelar di Pati Raya, untuk berhati-hati menggunakan anggaran. Dia berpesan, agar jangan sampai terjadi duplikasi anggaran.

Hal itu seperti yang dia sampaikan pada para awak media, di sela kegiatan Chief de Mission Meeting Porprov Jateng XVI/2023, di Hotel UTC, Semarang, Rabu (5/7/2023). Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Kajati, seluruh perwakilan tuan rumah, pengprov cabor, Technical Delegate (TD) serta semua pengurus KONI Jateng.

Bona yang juga selaku Ketua PB Porprov 2023 menyarankan kepada tuan rumah, untuk terus berkoordinasi dengan KONI Provinsi, terkait dengan penggunaan anggaran. Hal itu dianggap penting, karena anggaran pelaksanaan event rutin ini diawasi Kejaksaan Tinggi Jateng.

BACA JUGA: Asfa Aqila, Juara Karate Kelas Kata

”Kami sudah berpesan pada semua tuan rumah Porprov XVI/2023, untuk berhati-hati menggunakan anggaran. Karena Pemerintah Provinsi sudah menganggarkan untuk masing-masing kabupaten, maka kabupaten setempat jangan sampai membuat item yang sama untuk mengajukan anggaran ke pemkab. Nanti akan terjadi duplikasi anggaran,” sebut Bona, usai melakukan MoU dengan Kejati.

Hal Senada disampaikan Kajati Jateng, I Made Suarnawan. Dia menyatakan, penggunaan anggaran Porprov hendaknya dilaporkan secara terperinci, guna pelaporan di akhir pelaksanaan event ini.

”Kalau melakukan kerja sama harus dimulai sejak awal. Karena kalau dilakukan di tengah-tengah, nanti akan kesulitan dalam laporan akhirnya,” pesan dia.

BACA JUGA: Jemaah Haji Tiba Kembali, 1.078 Orang Tiba di Debarkasi Solo

Suarnawan juga menyampaikan apresiasinya pada KONI Jateng, dalam melakukan akuntabilitas penggunaan anggaran yang bersumber dari belanja barang dan jasa. Dia berharap, ada proses kebersamaan agar hasilnya sempurna

Sementara itu, Wagub Taj Yasin meminta para atlet yang mengikuti Porprov, menjunjung tinggi sportivitas dan integritas. Salah satu upayanya, KONI Jateng maupun KONI di wilayah Pati Raya, melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak Kejati dan Kejari.

”Ini untuk menunjukkan, olahraga yang diadakan Panitia Besar Porprov, baik itu di provinsi maupun di kabupaten/kota se-Pati Raya, benar-benar ingin menunjukkan ini adalah pertandingan murni,” terang Gus Yasin.

BACA JUGA: Di Wonogiri, Danramil Pimpin Karya Bakti Pemulihan Dampak Gempa Bumi

Dia menambahkan, Porprov tidak hanya memberikan ruang bagi atlet untuk berprestasi, tapi juga menjadi wahana untuk mencetak atlet hebat di Jateng. Para atlet yang meraih gelar juara, berpeluang mendapat tiket masuk untuk mengikuti kompetisi di tingkat Nasional maupun internasional.

Wagub berpesan, Porprov XVI/2023 dengan tema ‘Satukan Langkah Menuju Jateng Berprestasi’, mampu menciptakan pembangunan karakter para atlet. Sehingga dapat menjadi media untuk membangun kepercayaan diri, mengaktualisasi identitas bangsa, serta menjadi sarana memupuk kebanggaan Nasional.

Sebagai informasi, Porprov XVI/2023 dilaksanakan pada 5-11 Agustus 2023. Enam Kabupaten di wilayah Pati Raya, Pati, Rembang, Blora, Kudus, Jepara, Grobogan, ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan event ini.

Riyan