blank
Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 120 mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti Seminar Nasional dan Pameran Robot dengan tema ”Robotics Exhibition” pada 26 Juni 2023.

Seminar yang diselenggarakan Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formasi) KIP-K Angkatan tahun 2021 tersebut menghadirkan dua narasumber dosen Fakultas Teknik USM, Dr Andi Kurniawan Nugroho ST MT dan La Ode Muhamad Idris ST MT.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, pihaknya menyadari pada saat ini USM memiliki kewajiban dalam rangka turut serta mengembangkan artificial intelegent yang sangat penting dalam mendorong kemajuan zaman yang kompleks.

“Hari ini KRI terselenggara dengan baik, membuktikan USM secara teknologi dan SDM mampu menjawab tantangan masa depan. Penuh dinamika serta kompetisi, juga harus diiringi iman dan taqwa sehingga pemanfaatannya untuk kesejahteraan sebaik-baiknya bagi masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, KRI membuktikan tidak hanya teknologi, melainkan USM juga mampu dalam Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam pelaksanaan KRI 2023, USM membutuhkan 500 Liaison Officer (LO) yang menjaga agar sistem itu bekerja dengan baik.

“Ke depan nanti akan banyak program-program. USM akan memaksimalkan peran mahasiswa, untuk terlibat aktif dalam proses berkontribusi terhadap kampus, serta membangun Indonesia pada masa yang akan datang,” ungkapnya.

Junaidi meminta mahasiswa USM untuk ambil bagian dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan. Untuk turut berperan dalam program-program kampus.

“Silakan mengimprovisasi diri, jangan bermalas-malasan. Potensi mahasiswa USM melebihi kampus-kampus lain. Silakan manfaatkan kesempatan, karena kesempatan tidak datang dua kali,” katanya.

Sementara itu, Dosen Fakultas Teknik USM Dr Andi Kurniawan Nugroho ST MT menyampaikan materi “Pengenalan Robot”. Robot itu, katanya, untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas.

“Kami berharap mahasiswa USM dapat mengembangkan dan memanfaatkan karyanya guna kepentingan yang lebih terarah dan terukur serta memberikan kontribusi dalam memajukan Indonesia,” pungkasnya.

Muhaimin