blank
Wabup Ali Makhsun, saat memberi pengarahan bagi peserta GCIO, di Gedung Belimbing BKPP Demak. Foto rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Government Chief Information Officer (GCIO), adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi, dengan aspek-aspek manajemen lainnya. Kondisi itu muncul, agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi pemerintahan.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, Endah Cahyarini, pada acara Literasi GCIO, untuk perangkat daerah mengenai Sosialisasi Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan Arsitektur SPBE, di Ruang Belimbing BKPP Demak, Kamis (22/6/2023).

Tujuan sosialisasi ini, untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), guna meningkatkan kapasitasnya sebagai GCIO, dalam melaksanakan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi, untuk seluruh perangkat daerah di Kabupaten Demak.

BACA JUGA: 275 Lulusan Cumlaude, Rektor UNS Mewisuda 761 Sarjana Baru

Sebagaimana diketahui, saat ini Teknologi Informasi (TI), sudah merupakan suatu kebutuhan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

”Ini tentunya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam organisasi. TI perlu dikelola sedemikian rupa, sehingga dapat memberi keuntungan dan kemanfaatan bagi organisasi perangkat daerah,” kata Endah.

Dijelaskan dia, Pemkab Demak telah Menyusun Peta Rencana dan Arsitektur SPBE, yang sesuai dengan Perpres nomor 132 tahun 2022, tentang Arsitektur SPBE Nasional.

BACA JUGA: KPU Sampaikan Hasil Verifikasi Administrasi Bakal Caleg ke Parpol

Dokumen itupun telah dikonsultasikan dan direkomendasikan oleh Kementrian PANRB, dan telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Demak, untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan SPBE di Kabupaten Demak.

Oleh karenanya, setiap pengembangan, pembangunan dan penganggaran SPBE, harus mengacu kepada Peta Rencana dan Arsitektur SPBE.

”Pemkab Demak akan melaksanakan evaluasi mandiri tentang kesiapan pelaksanaan SPBE, mulai 13 Juni sampai 2 Juli 2023. Untuk itu, diharapkan semua perangkat daerah terlibat dalam pelaksanaan evaluasi SPBE, agar melengkapi bukti pendukung sesuai pedoman yang baru,” jelasnya.

BACA JUGA: 90 Guru Inti KKMTs 02 Jepara Zona Utara Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Sementara itu, Wakil Bupati Demak, Ali Makhsun, yang membacakan sambutan Bupati Eisti’anah, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan sosialisasi ini.

”Penguasaan TI saat ini benar-benar dituntut. Saya berharap, semuanya dapat menyerap ilmu yang ada ini. Kalau GCIO ini bisa terealisasi, masyarakat akan mudah terlayani. Karena tujuan dari ini semua adalah, untuk mempermudah pelayanan. Dapat menghapus keterbelitan, atau memutus yang meribetkan,” pungkasnya.

Rudy