blank
Edi Prayitno saat melatih atlet sepakbola yang dipersiapan ikut Porprov Jateng 2023 di Stadion Moch Subroto. (Dok Askot PSSI Kota Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Tiga kali event Porprov Jateng, KONI Kota Magelang tidak mengirimkan cabang olah raga (cabor) sepakbola. Baru pada Porprov Jateng 2023 yang akan berlangsung bulan Agustus mendatang, cabor sepakbola lolos seleksi dan bisa tampil pada event tersebut.

Karena itu, tidak berlebihan jika semua pihak berharap cabor sepakbola bisa tampil maksimal, dan meraih prestasi yang membanggakan. Apalagi kini ditangani Edi Prayitno, pelatih yang mengantarkan Banyumas meraih medali emas pada Porprov Jateng 2018 di Surakarta.

‘’Sepakbola selama 15 tahun tidak ikut berpartisipasi. Artinya sudah tiga kali tidak ikut Porprov Jateng. Pada Porprov 2023 saya ingin sepakbola masuk final, siapapun lawannya,’’ tegas Ketua Umum KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar.

Keinginannya itu disampaikan pada acara tatap muka dengan 23 atlet sepakbola, oifisial dan pelatih di Rumah Makan Ayam Taliwang, Jumat sore (23/6).

Ali menegaskan, tidak ada lagi tes fisik untuk memantau kesiapan atlet. Cukup tes fisik 1 dan 2. Selanjutnya masalah kesiapan fisik ditangani masing-masing cabor.

Mendekati pelaksanaan Porprov Jateng, Ketua Umum KONI Kota Magelang meminta, semua atlet menjaga kesehatan, jangan cidera dan istirahat yang cukup. ‘’Rencana 10 hari terakhir sebelum berangkat ke Pati, atlet akan diasramakan di Rindam IV/Diponegoro,’’ ujarnya.

Dewan Penyantun KONI Kota Magelang Djoni Mulyo mengingatkan, pada cabor sepakbola fisik sangat diperlukan. Bila kondisi fisik tidak prima, maka pemain tidak bisa berbuat apa-apa.

‘’Kota Magelang menginginkan cabor sepakbola meraih berprestasi. Semoga (sepakbola) kita bisa pulang yang terakhir,’’ harapnya.

Harapan serupa juga disampaikan Ketua Askot PSSI Kota Magelang, Joko Budiyono. Dia meminta pemain menjaga manajemen waktu.

‘’Jam berapa harus tidur, jam berapa main HP, latihan dan sebagainya. Lek-lekan (begadang red) dikurangi. Prestasi akan dilihat nanti di Pati. Saya ingin anak-anakku main di final,’’ ungkapnya.

Pelatih Edi Prayitno mengatakan, secara umum persiapan lancar dan tidak ada masalah. Ke depan pemain akan masuk pemuasatan latihan, sehingga semuanya bisa berlatih bersama setiap hari.

Doddy Ardjono