blank
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sakit gigi merupakan kondisi ketika gigi mengalami rasa sakit atau nyeri, dengan tingkatan keparahan yang bervariasi. Pada kebanyakan kasus, ini adalah akibat dari berbagai masalah pada gusi ataupun gigi.

Gigi ngilu biasanya terjadi akibat pengikisan lapisan enamel gigi yang berfungsi melindungi bagian dalam gigi. Bila enamel gigi terkikis, maka lapisan dentin di bawah enamel akan terpapar. Hal inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu saat terkena rangsangan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Perlu untuk disampaikan bahwa sakit gigi merupakan masalah yang sering kali menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas keseharian. Namun, sebelum segera mencari bantuan tenaga medis atau obat-obatan kimia, ada beberapa tahapan yang bisa Anda coba terlebih dahulu untuk mengobati sakit gigi secara alami.

Baca Juga: Dapat Meredakan Sakit Gigi, Ini 5 Manfaat Kantung Teh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Dilasnir dari Suara.com dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meredakan rasa sakit dan menjaga kesehatan gigi Anda dengan cara yang aman dan alami.

1. Berkumur dengan air garam hangat

Garam memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu membersihkan area gigi yang terkena infeksi. Campurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu berkumurlah selama beberapa menit. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

2. Mengompres area yang sakit

Ambil kain bersih, lalu basahi dengan air hangat atau es batu. Tempelkan kompres tersebut pada bagian luar pipi yang berdekatan dengan gigi yang sakit. Hal Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit.

Baca Juga: Ini 4 Kebiasaan Buruk yang dapat menyebabkan gigi Sensitif

3. Mengonsumsi makanan yang lembut

Hindarilah makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena dapat memperburuk rasa sakit. Pilihlah makanan yang mudah dikunyah, seperti sup hangat atau bubur yang lunak. Konsumsi makanan Ini akan membantu menghindari tekanan berlebih pada gigi yang sakit.

4. Menggunakan minyak cengkeh

Sebagaimana sering diceritakan, minyak cengkeh mengandung zat alami yang memiliki sifat analgesik dan antiseptik. Oleskan sedikit minyak cengkeh pada kapas atau bola kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Ini akan memberikan efek sementara dalam menghilangkan rasa sakit.

5. Menjaga pola makan dan kebersihan gigi

Menghindari makanan manis yang penuh dengan gula serta menjaga kebersihan gigi dengan menyikatnya secara teratur atau menggunakan benang gigi adalah langkah penting untuk mencegah sakit gigi. Perhatikan juga kebersihan mulut secara dengan cara berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik alami.

Baca Juga: Bersihkan Karang Gigi Dengan Cara Mudah Ini, Pasti Berhasil

6. Hindari stres dan tetap tenang

Stres dapat memengaruhi kondisi kesehatan psikis dan fisik, termasuk kesehatan gigi. Cobalah untuk mempraktekkan teknik relaksasi, seperti meditasi atau mengatur pernafasan. Hal ini bisa mengurangi stres dan mempercepat proses penyembuhan.

Itulah sejumlah langkah mengatasi sakit gigi dengan bahan alami berdasarkan sumber tulisan dari Mouthhealthy.org. American Dental Association (2021). Karena, mengobati sakit gigi membutuhkan kesabaran dan konsisten. Jika rasa sakit tetap berlanjut atau bahkan memburuk, segera konsultasikan dengan dokter gigi atau profesional kesehatan.

Ingatlah bahwa langkah-langkah di atas adalah upaya pengobatan mandiri yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi. Namun, jika gejala tetap persisten atau memburuk, penting untuk mencari bantuan medis untuk diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat.

Claudia