blank
Ilustrasi gigi ngilu dan sensitif. Foto; Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gigi sensitif merupakan rasa tidak nyaman pada gigi yang dipicu oleh konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, terlalu asam, dan terlalu dingin. Pada pengidapnya, gigi sensitif bisa saja menimbulkan rasa sakit berupa kejutan yang tajam dan terjadi secara singkat.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan gigi Anda menjadi sensitif, salah satunya karena kerusakan pada lapisan email gigi yang bisa timbul akibat beberapa kondisi, misalnya menyikat gigi terlalu kuat dan berlebihan. Lapisan email berfungsi untuk melindungi jaringan dentin dan saraf gigi.

Gigi terasa ngilu saat minum minuman yang dingin atau mengonsumsi makanan yang manis merupakan salah satu ciri gigi sensitif. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa tak nyaman.

Baca Juga: Tips Sikat Gigi Agar Tidak Bau Mulut Saat Bulan Puasa

Sebagian besar orang mengira kondisi ini disebabkan karena salah mengonsumsi makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu manis.

Padahal, gigi sensitif bisa saja disebabkan karena kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari. Dilansir dari Halodoc, berikut ini 4 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gigi sensitif.

1. Kesalahan dalam Menyikat Gigi

Kebiasaan pertama yang jarang disadari ternyata dapat menyebabkan gigi sensitif adalah salah dalam menyikat gigi. Menyikat gigi terlalu kencang akan membuat lapisan enamel gigi terkelupas. Sehingga bagian dentin yang terdapat banyak saraf menjadi terbuka. Jadi, jika ada rangsangan panas atau dingin maka gigi akan terasa ngilu.

Baca Juga:Menelan Sisa Makanan Nyempil di Gigi, Batalkah Puasanya?

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan sikat gigi yang kamu pakai. Hindari menggunakan sikat gigi yang kasar karena akan meningkatkan risiko terjadinya gigi sensitif.

2. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu terlalu sering juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gigi sensitif. Jenis makanan tersebut diantaranya makanan asam, minuman bersoda, makanan dan minuman yang terlalu dingin maupun panas. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat merusak enamel gigi yang berakibat timbulnya rasa nyeri di gigi.

3. Kebiasaan Menggigit

Apakah kamu memiliki kebiasaan menggigit es batu ataupun benda lainnya? Jika iya maka segera hentikan ya karena dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya gigi sensitif.

Baca Juga: Taukah Kamu Kapan Waktu Yang Tepat Menyikat Gigi Saat Puasa? Yuk Simak…

Selain itu, sebaiknya juga hindari kebiasaan membuka kemasan atau tutup botol dengan gigi maupun memotong kuku dengan gigi. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut dapat merusak lapisan gigi dan membuat gigi menjadi lebih rapuh serta sensitif.

4. Jarang Menyikat Gigi

Idealnya menyikat gigi minimal dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran yang menempel di gigi. Nah, jika kamu jarang menyikat gigi maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan plak akibat sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Penumpukan plak ini akan merusak lapisan enamel gigi dan akan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Nah, itulah empat kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Yuk, hindari!

Claudia