blank
Polda Jateng melaksanakan pelayanan bhakti Polri Presisi dalam bentuk anjangsana pada warakawuri anggota Polri yang gugur dalam tugasnya. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada 1 Juli 2023, Polda Jateng menggelar kegiatan pelayanan Bhakti Polri Presisi dalam bentuk anjangsana pada warakawuri anggota Polri yang gugur dalam tugasnya.

Kegiatan dilaksanakan oleh 120 personil Polwan dan Bhayangkari Polda Jateng yang dipimpin oleh Pakor Polwan, AKBP Mugiyartiningrum.

Mereka terbagi dalam beberapa tim yang berkunjung ke 21 titik lokasi kediaman warakawuri (janda) dan duda keluarga para almarhum anggota Polri dan PNS di Semarang, Jumat (16/6/2023).

“Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan penghormatan Polda Jateng kepada keluarga para anggota Polri dan PNS yang telah mengabdikan dirinya sebagai insan Bhayangkara sejati hingga akhir hayatnya,” tutur Mugiyartiningrum.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan paket bingkisan dan uang santunan oleh tim anjangsana Polda Jateng kepada warakawuri/duda anggota Polri dan PNS yang gugur dalam tugas kedinasan.

Salah satu keluarga anggota Polri yang mendapat santunan, Indarti, istri dari Alm. AKP Yahya yang meninggal dunia dalam tugas dinasnya pada tahun 2013 silam mengungkapkan terimakasih dan terharu, karena meski suaminya telah lama meninggal, Polda Jateng masih menganggap dirinya sebagai bagian dari keluarga besar dengan dilakukannya kegiatan anjangsana tersebut.

“Terimakasih kepada Polda Jateng, melalui kunjungan ini kami merasa masih dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Polda Jateng. Semoga di Hari Bhayangkara ini, Polda Jateng semakin profesional dan selalu memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy mengungkapkan, sejumlah kegiatan yang bersifat sosial dan humanis akan terus digelar oleh Polda Jateng sebagai bentuk rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhayangkara.

“Sebelumnya kami telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya bedah rumah, doa bersama lintas agama, dan berbagai kegiatan lomba. Kedepan rangkaian kegiatan akan terus berjalan, salah satunya lomba menembak yang akan diikuti oleh media dan pimpinan redaksi pada hari Minggu (18/6) di Akpol,” ujarnya.

Adapun sejumlah rangkaian kegiatan yang akan digelar yaitu :
19 Juni : Bakti Sosial
20 Juni : Patroli Perintis Presisi & Patroli Kota Presisi
21 Juni : Lomba Satkamling
23 Juni : Semarak Bhayangkara Olah Raga Bersama Tni
24 Juni : Bakti Kesehatan
26 Juni : Anjangsana
27 Juni : Ziarah Dan Tabur
29 Juni : Qurban Presisi

“Puncaknya pada Hari Bhayangkara tanggal 1 Juli 2023 akan digelar kegiatan upacara bendera dan peragaan. Dalam upacara juga diserahkan sejumlah penghargaan anggota dan masyarakat yang berprestasi dan berkontribusi positif pada Polda Jateng,” imbuhnya.

Usai upacara, akan digelar kegiatan syukuran, festival dengan kearifan lokal, serta bazar murah UMKM untuk masyarakat.

Ning S