blank
Kapolresta Magelang memberikan piagam penghargaan kepada satkamling berprestasi, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Polresta Magelang menggelar apel satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di halaman Mapolresta, Rabu (21/6/2023).

Apel dipimpin Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono. Dihadiri Kasatpol PP Labbaika Nugroho, Danramil Mertoyudan Kapten Budi Pitoyo, Sekretaris PN Kota Mungkid Pujo Siswanto, Kasi Pidum T Hendratta dan Wakil Ketua DPRD Mahmoed. Hadir pula perwakilan kepala desa dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Magelang, Kasatkamling dan petugas Satkamling se-kabupaten.

Kapolresta Magelang ketika membacakan amanat Kapolri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi satkamling. Diharapkan semoga kegiatan itu dapat meningkatkan semangat mengoptimalkan peran satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dalam memelihara kamtibmas secara swakarsa.

Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Tentunya, kata Kapolresta, berbagai dinamika dan tantangan harus dilatih bersama. Dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

“Untuk itu Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan,” katanya.

Hal itu sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi. Tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya. Juga untuk pemantapan pembinaan pam swakarsa.

Kombes Pol Ruruh mengharapkan satkamling mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan, serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolresta berpesan agar kehadiran satkamling betul- betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan akibat perbedaan pilihan.

“Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal paling utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” imbuhnya.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak satkamling. Serta stakeholder terkait yang telah membantu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Menutup acara tersebut dia berikan piagam penghargaan dan piala kepada para pemenang lomba Satkamling tingkat Polresta Magelang. Juara pertama Desa Banyusidi Pakis, juara kedua Desa Kebonrejo Salaman, juara tiga Desa Krogowanan Sawangan. Juara harapan 1 Desa Umbulsari Windusari, harapan dua Desa Banyuadem Srumbung.

Eko Priyono