blank
Tim PkM USM foto bersama seusai memberikan Pelatihan Manajemen Usaha, Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Tlogosari Wetan, baru-baru ini. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Manajemen Usaha, Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Tlogosari Wetan, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr Djoko Santoso MM, anggota Dr Soejito MM dan Dr Wyati Saddewisasi.

Kegiatan yang didanai Universitas Semarang (USM) itu dibuka Lurah Tlogosari Wetan, Soekamto SE,MM. Menurut Soekamto, potensi usaha kecil sangat besar dan perlu ditingkatkan kemampuannya baik manajemen, pemasaran maupun pengelolaan keuangannya.

Ketua Tim PkM USM Djoko Santoso, tujuan kegiatan membantu pelaku usaha kecil yang rata-rata bergerak di usaha kuliner, memiliki pemahaman mengenai manajemen usaha, pemasaran serta pengelolaan keuangan usahanya.

”Kami ingin membantu para pelaku usaha kecil meningkatkan usahanya. Kami memahami potensi usaha kecil di Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang sangat besar yang mampu meningkatkan usahanya,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Anggota Tim PkM USM, Dr Soejito MM. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memberi pemahaman tentang pentingn pemasaran produk kuliner yang mampu bersaing, aman, sehat dan menarik.

Sedangkan Dr Wyati Saddewisasi menjelaskan pentingnya pengelolaan keuangan yang benar, sehingga memudahkan para pengusaha untuk mengetahui perkembangan keuangan usaha dengan mudah dan bisa digunakan untuk persyaratan kredit ke lembaga perbankan.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini para pelaku UMKM mendapatkan tambahan pemahaman tentang manajemen usaha, pemasaran dan pengelola laporan keuangan,” ungkapnya.

Muhaimin