blank
Doa bersama yang digelar dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara di Polres Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Polres

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Polres Wonosobo menggelar acara doa bersama lintas agama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara di Gedung Serbaguna Polres setempat, Kamis malam (15/6/2023).

Acara doa bersama tersebut dihadiri sejumlah tokoh agama, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), perwakilan tokoh masyarakat dan personel TNI- Polri. Doa bersama diperuntukkan agar jajaran Polri ke depan semakin jaya.

Dalam suasana yang khidmat, perwakilan dari berbagai agama seperti Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha saling bergandengan tangan dalam doa bersama untuk mendoakan keberkahan dan keselamatan bagi bangsa dan negara.

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi menyampaikan kegiatan doa bersama ini merupakan bentuk silaturahmi dengan semangat toleransi agar tercipta situasi Kamtibmas yang tertib dan kondusif sebagaimana yang menjadi harapan bersama.

“Seperti diketahui bersama menjelang kontestasi politik Pemilu 2024 nanti, kondisi sosial di masyarakat akan terpengaruh. Namun semua pihak berharap agar tidak terjadi gejolak apapun secara umum di negeri ini, lebih khusus di wilayah Wonosobo,” katanya.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya mengajak semua pihak berdoa bersama sesuai keyakinan agama masing-masing. Doa dipanjatkan pada Tuhan YME memiliki tujuan yang sama yaitu untuk keselamatan, keberkahan dan perlindungan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Yatim Piatu

blank
Para tokoh agama foto bareng usai doa bersama di Polres Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Polres

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan pada anak yatim piatu Panti Asuhan Umi Kulsum Prumbanan Kertek sebagai bentuk kepedulian Polres terhadap sesama yang membutuhkan.

“Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat. Kami juga memohon kepada anak yatim piatu agar mendoakan personil kepolisian agar bisa melaksanakan tugas di lapangan dengan baik. Terutama dalam menjaga suasana Kamtibmas tetap kondusif,” tuturnya.

Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo memberikan apresiasi kepada jajaran Polres yang telah membantu menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Wonsoobo.

“Melalui perayaan HUT ke-77 Bhayangkara ini, mari berikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota Polri yang telah bekerja keras demi menjaha Kamtibmas di tanah air maupun di Wonosobo,” katanya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan, ke depan para tokoh masyarakat dan pemuka agama bisa turut membantu tugas-tugas Polri untuk menyampaikan himbauan Kamtibmas. Ikut menyampaikan program Polri dan pemerintah yang saat ini sedang berlangsung.

Dengan doa bersama lintas agama ini, diharapkan semangat Bhayangkara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman dan toleransi dapat terus dijaga. Menjadi bagian dari upaya membangun bangsa yang lebih baik lagi.

Muharno Zarka