blank
ilustrasi mimisan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pada umumnya mimisan terjadi dikarenakan oleh beberapa sebab yang umum, seperti hidung mengalami benturan yang keras. Kondisi hidung yang terlalu kering, lalu mendapati perubahan suhu lingkungan yang drastis secara mendadak. Mendapati dislokasi atau patah tulang hidung.

Mimisan merupakan perdarahan yang terjadi di hidung. Kondisi yang juga disebut epistaksis ini tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi gejala dari suatu penyakit.

Mimisan umumnya lebih sering dialami oleh anak-anak karena kebiasaan menggosok hidung. Akibatnya, membran hidung menjadi iritasi sehingga menyebabkan hidung berdarah. Mimisan juga bisa terjadi karena kelelahan.

Baca Juga: Kelebihan Karbohidrat, Ini 5 Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan dan Nasi

Hal ini karena saat kamu melakukan aktivitas berlebihan, sehingga kelelahan, maka pembuluh darah dalam hidung yang lemah mudah menjadi tegang lalu akhirnya pecah. Akibatnya, mimisan pun terjadi.

Meskipun mimisan adalah hal yang umum dan bukan menandakan penyakit serius, kejadian ini bisa menyebabkan panik. Bukan hanya orang yang mengalami mimisan, tetapi yang melihatnya juga merasa ngeri dengan darah yang keluar dari hidung anak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui pertolongan pertama saat mengalami mimisan. Menyadur dari laman Halodoc, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat mimisan.

Baca Juga: Dapat Menyebabkan Masalah Punggung, Ini 3 Bahaya Akibat Terlalu Sering Memangku Laptop

1. Hindari Mendongakkan Kepala

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menghentikan darah saat mimisan aalah dengan mendongakkan kepala ke atas. Padahal, cara ini sama sekali tidak membantu. Mendongakkan kepala saat mimisan justru dapat membuat darah menjadi mengalir ke tenggorokan dan lambung.

Dalam beberapa kasus, orang yang sedang mengalami mimisan bisa mengalami muntah-muntah. Selain itu darah yang mengalir ke lambung dapat menyebabkan infeksi.

2. Menggunakan Es Batu

Es dapat membantu menghentikan darah yang mengalir saat mimisan. Sifat dingin dari es sendiri sangat baik untuk mengatasi pendarahan karena dapat mempersempit aliran darah. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan menempelkan es batu yang telah dibungkus sapu tangan di atas jembatan hidung. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai darah yang keluar berkurang.

Baca Juga: Selain Menyebabkan Alergi, Ini 4 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Tubuh

3. Menjepit Hidung

Mencubit hidung saat mimisan ternyata tidak boleh asal-asalan, lho. Menjepit hidung saat mimisan sebaiknya dilakukan di bawah jembatan bertulang. Hal ini berguna untuk membantu menghentikan darah mimisan yang keluar. Selain itu, mencubit hidung saat mimisan dengan benar dapat membuat orang yang mengalami mimisan tetap bisa bernafas melalui hidung.

4. Jangan Berbaring Telentang

Sama halnya dengan mendongak, berbaring telentang dapat membuat orang yang sedang mengalami mimisan mual atau muntah. Hal ini dikarenakan saat telentang, darah tidak akan mengalir ke luar hidung, melainkan masuk ke dalam tenggorokan. Hindari berbaring telentang untuk sementara waktu agar mimisan tidak mudah kambuh.

Nah, itu dia pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami mimisan. Apabila darah tak kunjung berhenti dan mimisan sering kambuh, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Claudia