blank
Pengasuh Ponpes Al Kautsar yang juga tokoh Nahdlatul Ulama, Abuya Ali Akbar Marbun, memberikan Raja Ulos dan tongkat pada Ganjar Pranowo. Foto: hms

MEDAN (SUARABARU.ID)- Usai menghadiri konsolidasi partai, calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo, menyempatkan diri sowan ke tokoh Nahdlatul Ulama, Abuya Ali Akbar Marbun, di Ponpes Al Kautsar, Medan, Minggu (11/6/2023). Kedatangan pria berambut putih itupun disambut hangat Abuya Ali.

Ganjar langsung diajak Abuya Ali Akbar Marbun masuk ke kediamannya, sebelum kemudian diajak makan bersama Gubernur Jawa Tengah berambut putih, lalu diajak Abuya menemui ratusan santrinya.

Tak hanya santri, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat dan ulama, juga hadir dalam acara itu. Ganjar dan Abuya terlihat akrab, keduanya berjalan beriringan sambil bergandengan tangan.

BACA JUGA: Ribuan Warga Sumut Elu-elukan Ganjar

”Kita mendapat kehormatan didatangi Pak Ganjar Pranowo. Saya mengucapkan terima kasih, sudah berkenan hadir di tempat ini,” sambut Abuya Ali Akbar.

Dia juga menyampaikan, sebenarnya dirinya hanya ingin menyambut Ganjar bersama keluarga dan santrinya. Namun kabar kedatangan Ganjar sudah terdengar, sehingga banyak yang ingin ikut hadir ke tempat itu.

”Saya sudah siapkan tempat cukup banyak, tapi ternyata masih kurang. Inilah rakyat yang ada di Medan, Sumatera Utara, kalau tahu bapak mau ke sini pasti semua mau datang dari berbagai daerah,” jelasnya.

BACA JUGA: Anak-anak Disabilitas Bangga Bisa Menari bersama Capres RI 2024

Abuya juga memberikan hadiah istimewa pada Ganjar. Dia memberikan kain ulos yang spesial, karena kain ulos itu bukan sembarang ulos.

”Ini kain ulos istimewa, namanya Raja Ulos. Ini bentuk penghormatan kami pada tamu agung yang datang ke Medan. Dalam kesempatan ini, saya juga mengajak kita semua mendoakan Pak Ganjar, agar apa yang menjadi niat beliau dikabulkan Allah SWT,” pungkasnya.

Ganjar pun menyampaikan apresiasinya, atas sambutan hangat Abuya Ali Akbar Marbun padanya. Dia tak menyangka, kedatangannya untuk bersilaturahmi justru disambut ribuan orang, termasuk para ulama, tokoh lintas agama dan masyarakat umum.

blank
Ganjar bersama Abuya Ali Akbar Marbun bergandengan tangan menuju ke dalam rumah untuk berbincang. Foto: hms

BACA JUGA: Posko Relawan Dilengkapi Kantin Kejujuran dan Ambulans Gratis

”Abuya terima kasih, sambutan ini luar biasa. Insya Allah mungkin saya bisa datang lagi ke sini, ingin tahu lebih banyak, ngaji lebih banyak sama Buya, agar mendapat tuntunan bagaimana kehidupan berjalan dengan baik, dan agar semua bahagia,” ungkap dia.

Ganjar juga menyebutkan, sebenarnya dia sudah sering bertemu Abuya Ali Akbar Marbun. Hanya saja, pertemuan terjadi saat acara kondangan.

”Tadi saya masuk ke kediaman beliau, ada foto saya sama Buya saat kondangan dulu. Saya janji ingin sowan ke beliau sudah lama, dan Alhamdulillah bisa terwujud hari ini,” ucapnya.

BACA JUGA: Atlet Ketapel Jepara Berhasil Sabet Medali dalam Ajang Forda 2023

Pertemuan kali ini, lanjutnya, sangat istimewa. Sebab, dia disambut banyak tokoh agama dan tokoh masyarakat.

”Saya juga dikasih ulos, dan kata Abuya itu rajanya Ulos. Saya merasa tersanjung dan terhormat, dengan sambutan ini. Dan saya merasa ini bagian dari kita mempererat persaudaraan,” tukas Ganjar.

Riyan