blank
Rangkaian kegiatan penutupan Raker Kepegawaian Kementerian Hukum dan HAM. Foto: Dok/Kanwil

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Sekretaris Jendral Kemenkumham, Komjen Pol Andap Budhi Revianto¬† menutup Rapat Kerja (Raker) Kepegawaian Kementerian Hukum dan HAM yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta pada Jum’at (9/6/2023) malam.

Diketahui, Plt. Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Hantor Situmorang, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor dan perwakilan Pengelola Kepegawaian hadir mengikuti Raker tersebut.

Pada kesempatan itu Andap memberikan beberapa arahan.. Ia menitikberatkan instruksinya kepada atensi Presiden Joko Widodo terkait pengembangan SDM.

“Yakni Sumber Daya Manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia,” kata Andap mengutip salah satu tulisan tangan Presiden Joko Widodo yang berjudul Impian Indonesia 2015-2085.

Menurutnya, penekanannya juga mengarah pada misi Presiden, arahan Presiden dan 7 agenda pembangunan yang berkaitan dengan peningkatan SDM. “Misalnya, visi Presiden yang pertama adalah peningkatan kualitas manusia Indonesia,” jelasnya.

“Atau arahan Presiden mengenai pembangunan SDM dan agenda pembangunan yang menyebutkan peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta revolusi mental dan pembangunan kebudayaan,” tambahnya.

Andap juga banyak menjabarkan tentang arah kebijakan dan strategi penguatan, pengelolaan SDM sebagai prioritas Nasional 3 dan 7 RPJMN.

“Yang ketiga, beliau berpesan agar hasil Raker ini disampaikan ke seluruh jajaran,” tegas Andap mengulangi salah satu arahan Menkumham.

“Saya minta tiga hal saja. Memiliki komitmen moral. Komit untuk memberikan yang terbaik. Kemudian usaha. Apa usaha kita sehingga nanti kita akan meraih achievement. Mari kita laksanakan hasil dari Rapat Kerja Kepegawaian ini. Maknai hasilnya, pahami, implementasikan,” pungkasnya.

Ning S