blank
Ganjar diantar sejumlah purnawirawan Pati TNI-Polri, menuju mimbar untuk melakukan orasi. Foto: hms

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Dukungan untuk calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo, terus bertambah. Kali ini, dukungan diberikan ribuan Purnawirawan TNI, Polri dan masyarakat sipil, yang tergabung dalam barisan relawan Gapura Nusantara.

Bertempat di Kelapa Gading Sport Center, Jakarta, Sabtu (10/6/2023), para purnawirawan TNI/Polri serta masyarakat sipil itu, menggelar deklarasi dukungan pada Gubernur Jawa Tengah berambut putih itu. Ganjar hadir secara langsung, didampingi Ketua Tim Relawan PDIP, Ahmad Basarah.

Dalam acara itu, hadir sejumlah purnawirwan perwira tinggi (Pati) dari tiga matra TNI dan kepolisian. Di antaranya Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna.

BACA JUGA: Sekretaris Jendral Kemenkumham Menutup Rapat Kerja Kepegawaian

Selain itu ada pula, Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadi, Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin, Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing, Irjen Pol (Purn) Fakrhrizal dan beberapa jenderal lainnya.

”Calon presiden harus berani dan tegas menghadapi radikalisme, terorisme, khilafah dan intoleransi. Dan setelah melihat rekam jejak tokoh, yang paling memenuhi kriteria adalah Ganjar Pranowo,” kata pendiri sekaligus dewan pembina relawan Gapura Nusantara, Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh.

Mantan KSAL ini menambahkan, sebagai prajurit bangsa, pihaknya miris melihat banyaknya kasus intoleransi, radikalisme dan paham antiPancasila di Indonesia. Padahal, tantangan bangsa ini ke depan sangat besar, dan dibutuhkan persatuan dan kesatuan anak bangsa.

BACA JUGA: Tim Sparta Polresta Surakarta Gerebek Rumah Kontrakan, Sita Ratusan Botol Miras Ilegal

”Untuk itu, dibutuhkan pemimpin yang berani dan tegas dalam melawan paham-paham itu, demi Indonesia lebih maju,” tegasnya.

Dia juga mengajak purnawirawan TNI/Polri dan seluruh masyarakat sipil yang punya visi misi sama, untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden.

”Tidak ada kata mundur lagi. Kita sudah dilatih sebagai pejuang spartan, yang tidak pernah menyerah. Saatnya kita berjuang mengantar Pak Ganjar sebagai Presiden Republik Indonesia Ke-8,” ucapnya.

blank
Ganjar memberikan salam hormat, kepada sejumlah purnawirawan TNI-Polri yang menyatakan dukungan terhadapnya. Foto: hms

BACA JUGA: Official Launch Bengawan Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2023 Pamerkan Kendaraan Karya Mahasiswa

Sementara itu, Ganjar Pranowo yang khas dengan rambut putihnya itu memberikan apresiasinya, atas dukungan yang diberikan Gapura Nusantara. Menurutnya, dukungan itu menjadi energi yang membuat semangat semakin mendidih.

”Banyak jenderal-jenderal yang hari ini mendukung saya. Saya merasa bangga dan menyampaikan terima kasih. Saya juga terharu, karena para senior kita ini sangat peduli, dan tidak pernah berhenti untuk menjaga NKRI,” ungkapnya.

Sebab tak hanya dukungan, namun semangat para purnawirawan TNI/Polri itu yang menurut dia, sangat luar biasa. Bagaimana mereka memperjuangkan konsensus bernegara, sehingga generasi muda memiliki pondasi yang kuat dalam menjaga bangsa dan negara.

BACA JUGA: Penurunan Pengangguran Terbuka Masih Jauh dari Target, Fraksi PKS Jateng Ingatkan Gubernur

”Mewujudkan kerukunan, menghormati perbedaan untuk mencapai cita-cita negara ini. Agar tidak diganggu dengan urusan perbedaan suku, agama, ras dan golongan yang sudah disepakati itu,” tegasnya.

Dengan kesepakatan yang sudah menjadi pondasi kuat ini, maka berikutnya yang menjadi fokus untuk masyarakat Indonesia adalah, tentang isu-isu terkait kemajuan bangsa.

”Misalnya tentang bagaimana memanfaatkan infrastruktur yang sudah dibangun Pak Jokowi. Bagaimana kita bicara IKN harus selesai, bagaimana ekonomi bisa recovery, dan bagaimana ekonomi baru bisa tumbuh dan dikembangkan. Kalau itu bisa kita lakukan, maka cita-cita Indonesia sebagai negara besar bisa terwujud,” pungkasnya.

Riyan