blank
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus., M.S didampingi pengurus Bengawan Team UNS 2023 tengah mencoba cocpit mobil formula “Pancawala II karya mahasiswa setempat pada Official Launch Bengawan Team Universitas Sebelas Maret  Surakarta (Dok/ Humas UNS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Official Launch Bengawan Team 2023 dengan memamerkan dua kendaraan karya mahasiswa di Gedung Rektorat, Jumat (9/6).

Acara yang juga menandai terbentuknya kepengurusan baru Bengawan Team UNS 2023, dibuka Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus., M.S. dan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surakarta, Drs. Tamso dan  Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.serta Wakil Rektor Perencanaan, Kerja sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, M.Sc., Ph.D.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus., M.S. dalam sambutannya menyatakan bangga dengan setiap pencapaian Bengawan Team UNS. Dikemukakan, pihak universitas akan selalu mendukung kegiatan demi mencapai prestasi bagi kampus dan mahasiswa.

Diingatkan pula , setiap kegiatan yang dilakukan dapat menjadi bahan riset dalam pengembangan ilmu pengetahuan terkini.

“Sejarah perkembangan Bengawan Team sangat menggembirakan. Beberapa kali mengikuti kejuaraan internasional di luar negeri. Terakhir di Florida, Amerika Serikat memboyong beberapa medali emas. Ini sangat membanggakan kita,” jelasnya.

blank
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus., M.S., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surakarta, Drs. Tamso dan  Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.serta Wakil Rektor Perencanaan, Kerja sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho, M.Sc., Ph.D. bersama kepengurusan baru Bengawan Team UNS 2023 berfoto bersama dalam Official Launch Bengawan Team Universitas Sebelas Maret  Surakarta (Dok/ Humas UNS)

Pada acara yang memajang karya mahasiswa berupa mobil formula “Pancawala II” dan sebuah prototipe “ Nirangkara”, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surakarta, Drs. Tamso, mewakili Wali kota Surakarta  dalam sambutannya mendukung Bengawan Team UNS sebagai wadah bagi pengembangan diri mahasiswa.

“Melalui Bengawan Team UNS, mahasiswa dapat terasah serta melakukan riset bagaimana mendesain dan membuat bentuk prototipe. Generasi muda perlu didukung, mengajak kerja sama pelaku industri, serta tampil dalam ajang kompetisi,” ungkapnya.

Masih dalam kesempatan sama General Manager Bengawan Formula Student UNS, Tegar Aryoseno mengatakan Bengawan Formula Student Team UNS merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfokus pada riset manufaktur dan pengembangan mobil formula. Karya rancangan mereka telah dilombakan di kancah Internasional. Bengawan Formula Student Team UNS beranggotakan mahasiswa multi fakultas yang ada di UNS.

Pada tahun 2023 Bengawan Formula Student UNS akan mengikuti berkompetisi di Jepang yang diselenggarakan Japan Society of Automotive Engineer (JSAE) serta merupakan bagian dari Society of Automotive Engineer International.

Pihaknya berharap hasil terbaik dapat diraih dalam kejuaraan yang berlangsung.“Semoga dapat memberikan hasil terbaik dan membawa medali untuk mengharumkan nama bangsa dan universitas,” tutur Tegar.

Bagus Adji