kompetisi ekspo
Wali Kota Magelang Muchammad Nur Azis ( tengah) bersama dengan Rektor Untidar Sugiyarto ( kiri) dan Koordinator Kegiatan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Sukino ( kanan) saat mengunting pita menandai pembukaan kompetisi dan ekspo inovasi kewirausahaan mahasiswa Untidar Magelang. Foto;(W. Cahyono)

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Menutup rangkaian kegiatan Dies Natalies ke-44 Universitas Negeri Tidar ( Untidar), sebanyak 130 gerai mengikuti kompetisi dan ekspo inovasi kewirausahaan mahasiswa . Pameran yang dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu ( 10-11/6/2023)

“Kegiatan pameran yang dilaksanakan dalam rangka penutupan Dies Natalis ke-44 Untidar Magelang tersebut, merupakan kegiatan pertama kali di Untidar Magelang yang berskala nasional dengan kegiatan pameran,” kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumnni Untidar Magelang, Parmin.

Parmin mengatakan, kegiatan  merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan Untidar Magelang berskala nasional.Kegiatan pameran tersebut juga dirangkai dengan kompetisi kewirausahaan mahasiswa.

Menurutnya, kegiatan yang melibatkan  500 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa tersebut, dalam bidang kompetisi kewirausahaan diambil enam bidang. Yakni, mulai dari makanan, bisnis digital dan lainnya.

Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan pameran inovasi kewirausahaan mahasiswa , pihaknya melaksanakan senam bersama dan  jalan sehat yang diikuti ratusan masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya.

Sebagai puncak acara pada Sabtu malam dilaksanakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Warseno Slenk  dan mengambil lakon “Begawan Ciptaning.”

Rektor Untidar Magelang, Sugiyarto mengatakan, kegiatan pameran inovasi kewirausahaan mahasasiswa tersebut  merupakan ajang penutup  rangkaian Dies Natalis ke-44 Untidar.

Sugiyarto mengatakan, kegiatan tersebut juga bersifat nasional, karena diikuti sejumlah universitas di sejumlah kota di Pulau Jawa ini. Selain itu, juga diikuti olh para pelaku UMKM yang ada di Kota Magelang.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang serius dilakukan Untidar Magelang untuk melaksanakan visinya yakni, unggul dalam kewirausahaan.

“Dari jumlah peserta yang mengikuti ekspo tersebut didominasi oleh para mahasiswa baik dari Untidar Magelang sendiri, maupun mahasiswa dari universitas lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada ekspo tersebut pihaknya mewajibkan masing-masing program studi yang ada di Untidar dan unit-unit kemahasiswaan untuk menampilkan  usaha-usaha yang dimilikinya. Hal itu dilakukan sebagai wujud keseriusan  visi Untidar  yang unggul dalam kewirausahaan.W. Cahyono