blank
Dit Binmas Polda Jateng sedang menilai kegiatan Sat Kamling Desa Balingasa, Kecamatan Padureso, Kebumen, Jumat 9/6.(Foto:SB/Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Diiringi irama gamelan, Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling) Dukuh Bleber, Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kebumen mengikuti lomba Sat Kamling tingkat Polda Jateng.

Dit Binmas Polda Jateng melakukan penilaian dari pengecekan perlengkapan ronda malam, hingga peragaan penanganan masalah, berlangsung cukup semarak pada Jumat 9 Juni 2023 malam.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat mendampingi penilaian bersama PJU Polres, Pemda Kebumen, Kapolsek jajaran serta Muspika Padureso berharap Kebumen bisa meraih juara satu, sehingga bisa mewakili Polda Jateng dalam perlombaan berskala nasional.

“Semoga Kebumen, khususnya Sat Kamling di Dukuh Bleber, Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kebumen menang sehingga bisa mewakili Polda Jateng nantinya,”ujar AKBP Burhanuddin.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama pejabat Dit Binmas Polda Jateng dan pejabat Pemkab pada lomba Kamling di Desa Balingasal Padureso, Jumat 9/6

Namun Kapolres berharap simulasi dalam lomba juga bisa diaplikasikan dalam kegiatan ronda sehari-hari di tengah masyarakat serta ditiru oleh desa-desa lain di Kebumen. Selanjutnya persoalan kecil di tengah masyarakat untuk dilakukan penyelesaian secara kekeluargaan dengan melibatkan Bhabinkamtibmas atau unsur pemerintahan lainnya.

“Persoalan kecil sebaliknya diselesaikan melalui kekeluargaan. Hal kecil bisa diselesaikan di tingkat RT atau desa, yang penting dibuat kesepakatan antara kedua belah pihak,” pinta Kapolres.

Bupati Kebumen melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga Plt Asisten I Sekda R Agung Pambudi mengapresiasi Sat Linmas di Dukuh Bleber, Desa Balingasal bisa menjadi perwakilan Polres Kebumen.

“Semoga ini menjadi inspirasi bagi Desa lainnya mewujudkan Kebumen yang Semarak di Kebumen. Lomba ini memiliki arti penting sebagai bentuk sinergitas Polri dengan Masyarakat mewujudkan kepekaan masyarakat dalam menciptakan keamanan di tengah masyarakat,”tutur Agung.

Penilaian lomba Sat Kamling yang diketuai oleh Kasubdit Polmas Dit Binmas Polda Jateng AKBP Maulud menjelaskan ada beberapa komponen yang harus terpenuhi peserta lomba. Sat Kamling Desa Balingasal sudah menyisihkan 449 desa di Kebumen.

“Perlu kami informasikan, Sat Kamling yang dilakukan penilaian ini sudah mengalahkan 449 desa di Kebumen. Ada parameter penilaian tentunya. Penilaian ini dilakukan objektif. Termasuk dukungan masyarakat juga termasuk penilaian,” pungkasnya.

Sat Kamling Desa Balingasal memperagakan tata cara ronda malam mulai pengecekan petugas piket ronda, pengecekan peralatan, hingga koordinasi dengan Polsek maupun Koramil jika menjumpai masalah.

Masalah pertama yang diperagakan oleh peserta yaitu bagaimana petugas piket ronda melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Lalu meperagakan bagaimana menangani kasus kebakaran, hingga mengamankan dugaan pelaku kejahatan pencurian hewan.

Kegiatan penilaian dilakukan sekitar Pukul 20.00 WIB, hingga 23.30 WIB. Masyarakat sekitar Desa Balingasal juga antusias memberikan dukungan saat tim penilai melakukan kegiatan. Selama peragaan, peserta Kamling diiringi musik gamelan yang menambah suasana menjadi lebih meriah.

Komper Wardopo