blank
Ilustrasi susu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin sebagian orang masih asing dengan susu kefir, namun kefir mengandung keseimbangan ragi dan bakteri. Kemudian, biji-bijian kefir ini dapat mengubah susu mentah menjadi minuman probiotik yang menyegarkan dan mempunyai banyak manfaat termasuk bagi kecantikan kulit.

Selain itu, susu kefir ini juga kaya akan Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum serta terdapat sejumlah besar bakteri asam laktat dan ragi yang bermanfaat.

Bahkan adanya campuran mikrobiota dalam kefir menjadikannya sebagai salah satu makanan probiotik paling kuat yang pernah ditemukan. Tidak hanya itu, kefir yang berasal dari susu kambing ini lebih cocok untuk tubuh apabila dibandingkan dengan susu sapi biasa.

Baca Juga: Membuat Kulit Wajah Lebih Cantik, Ini 5 Manfaat Masker Susu unutuk Kecantikan

Dengan mengonsumsi susu kefir secara rutin pun bisa membuat saluran lebih sehat. Dalam susu kefir juga terdapat beberapa nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, asam organik, lemak dan protein ke sel-sel kulit.

Seperti dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah beberapa manfaat susu kefir untuk kesehatan kulit.

1. Mengandung Probiotik

Susu kefir mengandung berbagai jenis bakteri baik (probiotik), yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota pada kulit wajah. Mikrobiota yang sehat dapat melindungi kulit dari infeksi dan peradangan, serta meningkatkan kelembapan dan kekuatan kulit.

Baca Juga: Sering Digunakan, Lima Jenis Susu Jadi Bahan Campuran Kue

2. Efek Anti-inflamasi

Kandungan probiotik dalam susu kefir juga dapat memiliki efek anti-inflamasi pada kulit. Ini dapat membantu meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit wajah yang disebabkan oleh kondisi seperti jerawat, dermatitis, atau rosacea.

3. Pemulihan kulit

Susu kefir mengandung asam laktat, yang merupakan jenis asam alfa-hidroksi (AHA). AHA dikenal memiliki sifat eksfoliasi ringan, yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Ini dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi kemunculan garis halus.

4. Menghidrasi Kulit

Susu kefir juga mengandung protein dan lemak yang dapat membantu menjaga hidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung tampak lebih sehat dan bercahaya.

Meskipun begitu, setiap individu dapat bereaksi secara berbeda terhadap produk perawatan kulit. Beberapa orang mungkin mengalami manfaat yang signifikan dari penggunaan susu kefir pada wajah mereka, sedangkan yang lain mungkin tidak melihat perubahan yang sama.

Baca Juga: Selain Menghangatkan Tubuh, 5 Manfaat Susu Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jika kamu ingin mencoba menggunakan susu kefir sebagai perawatan kulit wajah, disarankan untuk melakukan tes kecil terlebih dahulu pada area kecil kulit yang sensitif untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.

Selain itu, konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan sebelum menggunakan susu kefir atau bahan apa pun secara baru pada wajah kamu ya.

Claudia