blank
Ilustrasi Susu jae. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu jahe merupakan salah satu minuman tradisional yang terbuat dari susu original, gula, dan bubuk jahe. Biasanya disajikan saat musim hujan dan banyak diperjualbelikan di malam hari melalui warung angkringan tepi jalan.

Susu jahe sendiri meningkatkan kekuatan tulang Anda secara alami. Pasalnya, susu memiliki banyak kalsium, potasium dan magnesium, yang mencegah kelemahan tulang. Lalu jahe yang ada di dalamnya membuat tulang Anda terhindar dari kelelahan yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan.

Selain menghangatkan tubuh dan meningkatkan suasana hati berkat rasa manisnya, susu jahe ternyata memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh, lho. Dilansir dari Suara.com, berikut 5 manfaat susu jahe bagi kesehatan:

Baca Juga: Selain Susu, Yuk Cari Tahu 5 Makanan yang Tinggi Kalsium

1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Manfaat susu jahe yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini diperoleh dari kandungan omega 3, kalsium, vitamin A, vitamin B12, protein, selenium, magnesium, kolin, dan riboflavin.

Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem imun sehingga dapat menghindarimu dari serangan penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Ditambah adanya jahe yang mengandung senyawa aktif gingerol. Kandungan ini memiliki efek antiradang dan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan begitu, mampu mencegah beragam penyakit.

2. Mengatasi Asam Lambung

Susu jahe juga disebut mampu mengatasi asam lambung karena memiliki efek yang dapat memperlambat asam serta menekan bakteri. Lalu, senyawa fenol pada jahe berperan sebagai antioksidan yang akan mengurangi kadar asam lambung.

Baca Juga: Tak Hanya Susu Sapi, 5 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa nutrisi dalam susu berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak, seperti demensia atau pikun. Manfaat ini semakin diperkuat dengan adanya jahe yang mengandung antioksidan.

Senyawa tersebut dipercaya mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif serta peradangan kronis yang bisa mempercepat proses penuaan. Mengonsumsi susu jahe mampu menjaga fungsi otak dan mencegah penyakin yang berhubungan dengan penurunan kinerjanya.

4. Memelihara Otot dan Sendi

Susu organik mengandung asam amino esensial dan lemak jenuh yang membantu pertumbuhan otot. Kandungan ini akan mencegah penyusutan massanya yang digunakan sebagai energi.

Baca Juga: Dapat Membantu Proses Diet, 5 Manfaat Susu Kedelai

Menurut sebuah penelitian, olahan jahe juga berperan penting dalam meredakan nyeri akibat penyakit otot dan sendi. Dengan begitu, mengonsumsi minuman hangat ini membuat kesehatan serta kekuatannya tetap terjaga.

5. Mencegah Terjadinya Kanker

Susu jahe juga diketahui dapat mencegah terjadinya kanker. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan omega-3 pada susu organik yang dipercaya mampu mengurangi penyebaran sel radikal bebas penyebab penyakit tersebut.

Selain itu, ada kandungan kalsium yang berperan penting dalam menurunkan risiko kanker usus besar serta rektum. Manfaat ini semakin maksimal dengan adanya jahe yang memiliki komponen 6-gingerol dengan sifat zat antikanker.

Itulah lima manfaat yang bisa diperoleh dari susu jahe. Apakah kamu pernah atau bahkan sering mengonsumsinya?

Claudia